Sabtu, 07 Agustus 2010

KEISTIMEWAAN IBADAH PUASA

1.Penghalang dari api Neraka
Dari Jabir ra, Rasulullah saw bersabda :"Syiyam itu penghalang, yang akan menghalagi seorang hamba dari api Neraka." (HR. Imam Ahmad)
Dari Abu sa'id Al-Khudry ra, Rasulullah saw bersabda :"Barangsiapa yang melaksanakan syiam sehari maka Allah akan menjauhkannya dari api Neraka sejauh tujuh puluh kharif (musim)." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Jalan menuju ke Jannah
Dari Sahl bin Sa'ad ra, Nabi saw bersabda :" Sesungguhnya di jannah nanti ada sebuah pintu dinamakan Ar-Rayyan, orang-orang yang melaksanakan shiyam akan masuk jannah melalui pintu tersebut dan tak seorang pun yang memasukinya selain mereka." (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Menjadi syafa'at bagi pelakunya
Dari Abdullah bin Amr bin Ash ra, Rasulullah saw bersabda :"Shiyam dan al-qur'an dapat memberikan syafa'at bagi seorang hamba pada hari kiamat. Shiyam akan berkata "Ya Rabb, aku telah mencegahnya dari makan dan syahwatnya sepanjang siang hari, maka berikanlah syafaatku kepadanya." Al-Quran berkata "aku telah mencegahnyadari tidur di malam hari, maka berikanlah syafaatku kepadanya." (HR. Ahmad, Hakim, Abu Nu'aim)

4. Penghalang dari berbagai syahwat
Dari Ibnu Mas'ud ra, Nabi saw bersabda :"Wahai sekalian pemuda, barang siapa diantara kalian telah mampu maka hendaklah dia menikah.Karena dengan menika akan lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Maka bagi siapa yang belum bisa hendaklah dia melaksanakan shiyam, karena akan lebih dapat mengendalikannya." (HR. Bukhari dan Muslim)

5.Tebusan terhadap dosa-dosa
Dari Abu Hurairah ra, Nabi saw bersabda :" barang siapa yang melaksanakan shiyam di bulan Ramadhan, karena penuh keimanan dan mengharapkan ridha Allah, maka dosa-dosa yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Sebab tercapainya kebahagiaan di dunia dan akhirat
Dari abu Hurairah ra,, Rasulullah saw bersabda :" Ada dua kegembiraan bagi seorang yang shiyam ; kegembaiaraan saat dia berbuka dan kegembiraan saat berjumpa dengan Rabb-nya di Akhirat." (HR. Bukhari dan Muslim)

7. Di sisi Allah swt, bau mulut orang yang melaksaanakan shiyam lebih harum daripada aroma misk
Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda :"Demi jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang sedang shiyam itu lebih disukai oleh Allah daripada aroma misk>" (HR. Bukhari dan Muslim)

1 komentar:

Afifatul Qona'ah

Afifatul Qona'ah

Mesin Penghasil Uang