Rabu, 21 Juli 2010

ARCHIMEDES

Archimedes adalah seorang matematikawan Yunani yang hidup antara tahun 287-212 S.M. Archimedes sering melakukan eksperimen untuk membuktikan bahwa teori-teori yang dibuatnya adalah benar. Dia membuat penemuan-penemuan praktis seperti alat pemutarannya yang terkenal dan masih digunakan sekarang sebagai lat pengangkut air untuk irigasi. Dia juga membuat hukum-hukum tentang penggunaan pengungkit dan kerekan.

Mungkin hal yang paling terkenal dari dirinya adalah ketika dia melompat ke dalam bak mandinya dan berlari telanjang ke jalanan sambil berteriak 'Eureka!' yang berarti 'aku telah menemukannya!'. Di luar cerita ini benar atau tidak, dia memang telah menemukan bahwa sebuah benda akan menggantikan berat air yang terbuang ketika benda tersebut mengembang ataupun tenggelam.

Info : Luigi Calvani (1737-1798) adalah seorang ilmuwan Italia. Dia secara tidak sengaja menemukan bahwa potongan kaki-kaki katak mengejang ketika urat syaraf pada kaki tersebut bersentuhan dengan sebuah gunting besi pada saat terjadi hujan badai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Afifatul Qona'ah

Afifatul Qona'ah

Mesin Penghasil Uang