Minggu, 25 Juli 2010

KIAT MENINGKATKAN INGATAN DALAM BELAJAR

l. Buatlah komitmen yang realistis dalam belajar; ciptakan jadwal untuk diri Anda dan ikuti jadwal tersebut hingga menjadi sebuah kebiasaan.

2. Bagi waktu pembelajaran menjadi unit-unit waktu belajar pendek yang diikuti dengan waktu pengendapan di setiap akhor sesi pembelajaran; hindari mempelajari semua materi dalam satu malam (SKS = Sistem kebut semalam). Anda akan lebih banyak belajar dalam tempo 15 menit yang penuh konsentrasi daripada sesi satu jam yang penuh gangguan.

3. Kemampuan mengingat kembali paling tinggi di awal dan akhir sesi pembelajaran, maka berikan perhatian lebih pada pertengahan kuliah buku teks, pertengahan bab, atau paragtaf. Kebanyakan buku teks ditulis dengan prinsip ini.

4. Pastikan Anda tidak lapar saat belajar; namun hindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sebelum belajar. Makanan sebelum belajar yang ideal adalah makanan tinggi protein dengan kalori sedang.

5. Karena belajar akan lebih mudah apabila Anda telaks, sebelum mulai belajar sempatkan untuk meregangkan otot, berjalan-jalan atau bermeditasi-apa pun teknik relaks yang paling cocok bagi Anda.

6. Belajar di ruang yang nyaman dengan pencahayaan alami (jika mungkin).

7. Jika Anda mempelajari hal baru, lakukan survei tentang topik yang akan Anda pelajari terlebih dahulu. Jadi, Anda bisa melihat bagaimana tiap bagian membentuk sebuah kesatuan. Jika tugas menuntut Anda membaca buku teks, kaji pendahuluannya, daftar isi, pendahuluan bab, dan ringkasannya terlebih dahulu.

8. Pembelajaran aktif membantu Anda mempertahankan konsentrasi, maka buatlah catatan, uji diri sendiri, bertanya, buat teka-teki silang, buat kelompok belajar, dan tandai poin-poin penting. Tulis kerangka sederhana dengan kata-kata Anda sendiri atau buatlah peta pikiran tentang hal-hal yang penting. Belajar melalui observasi pasif akan lebih lambat dan tidak menarik.

9. Untuk memperkuat ingatan Anda tentang materi pelajaran, tanyakan pada diri sendiri bagaimana materi tersebut baru berkaitan dengan materi pembelajaran terdahulu; cari hubungan dengan informasi yang telah Anda kuasai sebelumnya.

10. Jika Anda membuat catatan pelajaran, tulis catatan tersebut dengan kata-kata Anda sendiri; dengan cara ini, Anda menentukan sendiri keberhasilan Anda memahami konsep tersebut.

11. Pelankan ritme apabila Anda menemuka materi yang sulit; jangan menyerah. Sebaliknya, Anda harus membacanya kembali, melanjutkan belajar, dan kemabli lagi beberapa saat setelahnya untuk melihat apakah Anda lebih bisa memahaminya.

12. Ulangi konsep-konsep utama setiap 10 menit sekali; kemudian setelah 1 hari, dan setelah 1 minggu. Proses pengkajian ini sangat penting untuk mengodekan informasi dalam ingatan jangka panjang. Untuk mengulangi bacaan, bacalah kembali kalimat pertama dan terakhir di tiap bagian, daftar isi, ringkasan, dan sebagainya. Apabila Anda menemui kata-kata kunci, ujilah apakah Anda dapat merekonstruksi dari ingatan, apa yang telah Anda pelajari tentang kata-kata tersebut.

Semoga Anda Sukse

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Afifatul Qona'ah

Afifatul Qona'ah

Mesin Penghasil Uang