Rabu, 21 Juli 2010

AYERS ROCK

Ayers Rock, di Australia Tengah, tersusun oleh arkosa, yaitu sejenis batu pasir kasar yang kaya mineral. Mineral inilah yang menimbulkan kesan warna merah yang menjadikan Ayers Rock terkenal di dunia. Permukaan Ayers Rock yang tidak rata disebabkan oleh pelapupakan kimia pada mineral-mineral dan juga karena erosi mekanik.

Kesan berkarat yang muncul pada permukaan yang tidak rata itu memang disebabkan oleh karat. Ayers Rock diperkirakan telah mulai ada sejak masa Precambrian sekitar 550 juta tahun silam. Barisan pegunungan besar muncul ke permukaan kemudian terkikis selama 200 juta tahun selanjutnya, menyisakan barisan pegunungan Mann, Musgrave, dan Petermann di Australia Tengah. Endapan dari barisan pegunungan yang terkena erosi ini terkumpul di daratan rendah, atau basin, Amadeus.
Selanjutnya, pada sekitar 300 juta tahun silam, pergerakan lapisan Bumi mulai membentuk keadaan alam yang luar biasa seperti yang kita saksikan sekarang.

Info : Nama Aborigin untuk Ayers rock adalah Uluru, yang berarti 'kerikil besar'. Bangsa Aborigin menghiasi gua-gua dengan berbagai lukisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Afifatul Qona'ah

Afifatul Qona'ah

Mesin Penghasil Uang