Sabtu, 12 Juni 2010

SIMBOL SUKSES


"Sesungguhnya orang-orang beriman dan mengerjakan amal saleh mereka itu adalah sebaik-baik makhluk" (Q.S. Al-Bayyinah,98:7)
MUHAMMAD ALI
Namannya adalah sebuah legenda dalam dunia adu jotos. Ia tak sekedar petinju yang baik, tapi juga seorang entertainmen, penghibur sejati. Setiap kali ia manggung dalam pertarungannya, stadion petunjukan tak meninggalkan kursi sisa. Berjuta-juta pasang mata menatap aksinya tak mengedipkan kelopak matanya. Tak lain dan tak bukan petinju itu , bernama Muhammad Ali

Lahir dengan nama Cassius Marcellus Clay di Louisville, Kentucky pada tanggal 17 Januari 1942. Sejak kecil, Clay memang dikenal sebagai anak yang badung. Sering kali ibunya, Odessa, terpaksa memisahkan Clay yang sedang adu jotos dengan adiknya, Rudolph. Kalau sudah begitu, mereka berdua akan menerima hukuman dari Mr. Cassius, Ayah mereka. Tapi meskii mereka berdua adalah dua bersaudara yang badungnya nggak ketulungan, keduanya adalah anak-anak yang baik. Clay dan adiknya tidak pernah benar-benar bermusuhan. Sebaliknya mereka sangat kompak. Dari hobinya yang suka berantem inilah karir tinjunya berawal. Gara-garanya sederhana. Saat usia dua belas tahun, Clay kecil sudah punya sebuah sepeda baru. Tapi sayang sepeda itu hilang dalam sebuah pasar malam. Merasa kehilangan, ia melapor pada seorang polisi saat itu.
Di luar dugaan, bukan pencuri sepeda atau sepedanya yang ia dapatkan, tapi sebuah nasehat. Pak polisi yang menerima laporan itu malah menganjurkan Clay untuk ikut belajar tinju. Enam minggu kemudian, Clay sudah bisa memenangkan sebuah pertandingan hanya dalam tiga menit saja. Tiga menit saja.
Setela itu, ia benar-benar menjadi petinju, meski masih di kelas amatir. Sejak saat itu, ia benar-benar membaktikan dirinya untuk tinju. Di kelas amatir, tak kurang dari 108 pertandingan ia ikuti, dan sebagian besar ia menangkan. Enam kali memenangkan piala kota asalnya di Kentucky, dua kali gelar Nasional Golden Gloves diraihnya dan dua gelar juara National AAU disabetnya. Pendeknya ia adalah petinju muda dengan karir gemilang.
Setelah memenangkan mendali emas pada olimpiade di Roma pada tahun 1960, saat genap berusia delapan belas tahun babak baru akan dimasukinya. Ia menerjukan diri di kelas yang lebih tinggi lagi. Kelas profesional.
Meski sudah beralih apada kelas yang lebih tinggi, ia tak pernah sombong atau lupa diri. Ia tak seperti pepatah, kacang lupa kulitnya. Di kelas pro pun ia masih memakai pelatihnya yang dulu, Fred Stoner. Setelah itu kemenangan demi kemenangan diraihnya. Sampai pada suatu ketika, hidayah Allah datang nenyapanya.
Pada saat karirnya berada di puncak ketenaran, ia sadar bahwa hidup ini tidak hanya untuk mengejar kemenangan . Apabila setelah iabersentuhan dengan Nation of Islam. Kesadaran demi kesadaran bari ai temukan. Kemudian, ia mengumumkan diri bahwa ia salah satu anggota Nation of Islam dan mengganti namanya menjadi Muhammad Ali.
Pilihan dan keputusan yang luar biasa. National of Islam, kala iyu adalah sebuah organisasi pergerakan Islam, yang banyak disoroti oleh pemerintah negeri Uncle Sam itu.
Setelah itu, ia tak menjadikan ajang tinju hanya menjadi arena adu jotos saja. Bagi Ali, ajang tinju bisa ia sulap menjadi arena dakwah baru. Kemana-mana ia seruhkan suara keadilan, yang menjadi ajang utama dalam islam. Ia tak hanya menjadi olah rragawan yang sukses, tapi juga seorang pejuang hak asasi manusia yang lantang.
Dakwah yang ia seruhkan, bisa dibuktikan keberhasilannya. Adiknya, yang kala kecil suka diajak menjadi sparing partner berantem, akhirnya masuk Islam juga. Rudolph pun akhirnya berganti nama menjadi Rahman Muhammad. Kelak iaa menjadi salah seorang kepercayaan dan tangan kanan pejuang Islam kulit hitam Malcolm X.
kelak dikemudian hari, Presiden Amerika Bill Clinton, mengungkapkan bahwa Ali adalah salah satu kebanggaan Amerika. "Ali telah memberikan bukti pada kami, apapun agamamu, kau tetap bisa berbangga pada dirimu", kata Clinton.
Muhammad Ali benar-benar legenda. seorang bintang sejarah yang belum tentu sekali seratus tahun dilahirkan oleh dunia.Tak kurang bukti bahwa Ali memang benar-benar sebuah legenda. Salah satunya adalah harga jubah yang ia pakai saat melawan Geoge Foreman yang berhasil dilelang mencapai harga 156.500 dolar Amerika. Pelelangan jubah saja. tak kurang dari 3000 jenis barang Ali di lelang di sana.
"Saya tak hanya mengagumi Ali sebagai petinju, saya mengagumi juga keberanian dan keteguhannya", kata salah seorang pembeli." Ali telah memberi saya inspiraasi dan menyentuh kehidupan segala lapisan masyarakat, ras dan agama, saya pengagum berat Ali", lanjutnya dengan semangat.
Ternyata dari sekain banyak barangnya Ali yang dijual, tak sepersen Ali mengeruk keuntungan dari pelelangan
APAKAH SIMBOL SUKSES ITU?
Simbol berarti abstraksi atau representasi dari suatu hal yang konkrit. Sebuah ssimbol baru berlaku jika sudah ada kesepakatan tentang simbol tersebut. Simbol "$" belum dapat dikatakan mata uang Dollar sebelum seluruh dunia menyepakatinya.
Sukses berarti berhasil, atau dapat dikatakan tercapainya sesuatu yang dikehendaki atau diinginkan. Sukses bersifat relatif tergantung dari pengetahuan seseorang tentang hakekat sukses yang sebenarnya. Dengan definisi ini hanya orang yang bersangkutan saja yang dapat menilai apakah ia telah sukses. Orang lain dapat saja menilai bahwa orang kaya itu telah sukses, padahal bukan pada kekayaan yang diinginkannya, tetapi ketenangan jiwa, maka ia belum merasakan dirinya sukse dalam hidup.
"LANGKAH HIDUP"
Langkah-langkah untuk mencapai sukse dalam kehidupan disebut langkah hidup.
1. Pikiran adalaha langkah hidup
Pikiran manusia bukan saja sebagai tool (alat), tetapi merupakan suatu control (kendali). Karena pikiran kita juga merupakan suatu control berarti dia ikut menentukan apa-apa yang akan kita lakukan. Itulah sebabnya kita harus berhati-hati dalam memberikan input (masukan) ke dalam pikiran kita. Kita harus selalu memeriksa isi pikiran kita dan mengisinya dengan pikiran yang bersih.
2. Ucapan adalah langkah hidup
Ungkapan "Bicara adalah perak, dia adalah emas" tidaklah seluruhnya benar. Yang membedaka ucapan adalah niali dan isi yang terkandung di dalamnya. Ucapa yang mempunyai nialai dan isi yang baiklah yang akan mentelamatkan kita. Dan yang sebaliknay akan "membinasakan" kita. "Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, berkatalah yang baik atau diam." (H.R.Bukhari dan Muslim).
3. Tindakan adalah langkah hidup.
Seorang membutuhkan tindakan untuk mencapai sukses. Jika tindakan (amal)yang dilakukan itu kebajikan, maka berlakulah 'barang siapa menanam, dia akan memetik hasilnya'. Sebaliknya, jika tindakan berupa kemaksiatan, maka berlakulah 'barang siapa menggali lubang, maka ia akan terperosok ke dalamnya'. Kedua prinsip tersebut berlaku di dunia dan di akhirat, atau kedua-keduanya. bukankah manusia hanya berusaha sedangkan Allahlah yang menentukan? (Q.S.13:11).
SIMBOL SUKSES DAN SIMBOL GAGAL
Pikiran, ucapan, dan tindakan adalah faktor internal manusia. Ketiganya merupakan langkah hidup. Setiap langkah hidup yang semakinmendekatkan seseorang ke tujuan yang dikehendaki disebut sebagai simbol sukses. Sedangkan, sebaliknya adalah simbol gagal.
Faktor eksternal yang juga ikut menetukan langkah hidup di antaranya adalah lingkungan. "Sesungguhnya per-umpamaan bergaul denga teman yang baik dan yang jahat adalah seperti bergaul dengan penjual minyak wangi dan pandai besi. Teman penjual minyak wangi itu boleh jadi akan memberi minyak wangi kepadamu atau kamu dapat membelinya atau paling tidak kamu akan mendapatkan bau harum daripadanya. Sedangkan teman pandai besi boleh jadi akan membuat pakaiamu berlubang (terbakar) atau paling tidak kamu ikut hangus dengannya." (H.R. Bukhari-Muslim) semata-mata karena mengharapkan ridho-Nya. Bukan karena mengharapkan ridho manusia. Sukses di atas sukses. (Q.S.3:185; 98:8).
TIPE-TIPE MANUSIA
1. Tipe manusia yang memiliki simbol gaga. Gagal di dunia dan di akhirat.
2. Tipe manusia yang memiliki simbol sukses, tetapi tidak memiliki niat ikhlas. Sukses di dunia , tetapi gagal di akhirat.
3. Tipe manusia yang memiliki simbol sukses dan didasari oleh niat yang ikhlas. Sukses di dunia dan di akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Afifatul Qona'ah

Afifatul Qona'ah

Mesin Penghasil Uang