Selasa, 29 Juni 2010

FAKTOR PENYEBAB KETIDAKHARMONISAN HUBUNGAN DALAM SUATU ORGANISASI (LEMBAGA)

Keharmonisan adalah salah satu hal yang sangat didambakan oleh setiap orang, baik dalam kehidupan pribadi maupu dalam hidup bermasyarakat. Disini saya mencoba menganalisa SWOT tentang faktor penyebab ketidakharmonisan hubungan dalam organisasi (lembaga) yang sering terjadi dimana saja, bahkan disekitar kita, apalagi saya adalah seorang staf/pegawai biasa yang sering merasakan hal tersebut. Mudahan hal ini bisa memberikan solusi bagi saya atau Anda di mana kelak akan menjadi seorang pemimpin walaupun kita sekarang sudah menjadi pemimpin bagi diri kita, anak-anak serta istri kita.


Latar Belakang

Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dan terikat secara formal dalam suatu susunan hierarkhis. Dari pengertian organisasi tersebut berarti apabila dilihat dari unsur-unsurnya organisasi mengandung unsur-unsur: kelompok orang, kerjasama, tujuan, keterikatan formal, dan susunan hierarkhis. Organisasi dapat ditinjau dari dua sudut yaitu a) sebagai kelompok orang yang bekerja sama dan b) sebagai wadah dari kerja sama tersebut. Sebagai kelompok orang yang bekerja sama sifatnya dinamis, sedangkan sebagai wadah sifatnya relatif statis.

Kepribadian adalah sifat dasar yang bersifat tetap (statis) yang berlaku seumur hidup. Hal ini memungkinkan uji kepribadian manusia kedalam beberapa jenis misalnya kepribadian tipe A (pekerja keras dan mudah marah) lawan tipe B (santai dan kurang berambisi). Dari hal tersebut menunjukkan bahwa dalam kehidupan sehari-hari setiap anggota masyarakat akan berhadapan dengan batasan-batasan normatif, yang berlaku pada setiap situasi tertentu yang cenderung berubah dari waktu ke waktu, sejalan dengan perubahan pola pikir masyarakat itu sendiri. Batasan-batasan nilai normatif dalam interaksi dengan mayarakat dan lingkungannya itulah yang kemudian dapat kita katakan sebagai nilai-nilai etika. Sedangkan nilai-nilai dalam diri seseorang yang akan mengendalikan dimunculnya atau tidak kepatuhan terhadap nilai-nilai etika dapat kita sebut dengan moral atau moralitas. Etika adalah kebiasan atau watak, kata etika juga dapat berarti kebiasaan atau cara bergaul, berperilaku yang baik. Jadi dalam hal ini etika lebih merupakan pola perilaku atau kebiasaan yang baik dan dapat diterima oleh lingkungan pergaulan seseorang atau sesuatu organisasi tertentu. Dengan demikian, tergantung kepada situasi dan cara pandangannya, seseorang dapat menilai apakah etika yang digunakan atau diterapkan itu bersifat baik atau buruk. Sedangkan moral atau moralitas diartikan sebagai semangat atau dorongan batin dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu. Moral atau moralitas ini dilandasi oleh nilai-nilai tertentu yang diyakini oleh seseorang atau organisasi tertentu sebagai sesuatu yang baik atau buruk, sehingga bisa membedakan mana yang patut dilakukan dan mana yang tidak sepatutnya dilakukan.

Harmonis adalah suasana damai, tentram yang terjalin dalam suatu lingkugan. Keharmonisan tercapai apabila dalam suatu wadah atau organisasi itu mempunyai kesamaan visi dan misi serta tujuan. Lembaga sebagi sebuah Organisasai bukanlah milik perorangan atau individu, tetapi organisasi itu adalah milik bersama untuk mencapai tujuan bersama, itu artinya seorang pemimpin tidak semestinya bersifat otoriter yang menyebabkan tidak harmonisnya suatu hubungan dalam suatu organisasi tersebut. Disamping itu juga pemimpin harus bisa meningkatkan kecerdasan emosional yang melandasi etika serta moralitas yang tinggi dalam berinteraksi dengan bawahannya sebagai mitra kerja sehingga tercipta suasana yang tentram dan damai dalam lingkungan kerja yang sehat. Apa jadinya jika seorang pemimpin mimiliki sikap otoriter dalam memimpin suatu lembaga? Berikut adalah realita yang sering terjadi dalam suatu lembaga.

Para pegawai dalam suatu instansi sebenarnya menyadari akan adanya kejanggalan-kejanggalan yang terjadi dalam lingkup lembaga mereka terutama tentang kebijakan-kebijakan yang menyangkut masalah financial (dana). Namun kasus ini jarang sekali terungkap disebabkan karena kurang terbukanya interaksi antara pengawai tersebut dengan pimpinannya, terlebih lagi pimpinan yang dianggap sebagai fasilitator dan manajer sebuah lembaga tersebut bersifat otoriter, tidak mampu menampung aspirasi pengawainya serta tidak peka terhadap keinginan dan permasalahan yang terjadi di lembaga yang dia pimpin. Dalam hal ini pimpinan memengang dan mengelolah sendiri dana (bendahara), ketidaktransparansian dalam pengelolaan dana inilah yang memicu disharmonisnya hubungan antara pimpinan dan bawahan.

Akibat dari sikap pemimpin yang otoriter seperti ini mengakibatkan terciptanya lingkungan kerja yang tidak sehat dan menimbulkan stress. Mereka juga sadar bahwa mereka ahli dibidangnya, mereka bisa mencari tempat kerja lain yang lebih menyenangkan untuk membaktikan keahlian mereka, meskipun dengan gaji yang rendah. Bahkan yang paling penting lagi, rendahnya semangat kerja karyawan yang disebabbkan oleh seorang tirani di pucuk pimpinan mengakibatkan penurunan produktivitas (kinerja). Pimpinan yang baik adalah pemimpin yang anamah tablik fathona.

Dari penjabaran di atas dapat di identifikasikan masalah sebagai berikut :

- Faktor apa saja yang menyebabkan disharmonisnya hubungan dalam suatu organisasi.

- Bagaimanakah cara mengantisipasi ketidak harmonisan hubungan dalam lembaga

Kekuatan

Kelemahan

Peluang

Ancaman

1. Kwualitas dan kuantitas pegawai

2. Loyalitas pengawai

3. Disiplin Pengawai

4. Menerapkan sikap simpatik, dan empatik

5. Musyawarh untuk mencapai mufakat

1. Kurangnya transparansi manajemen keuangan

2. Adanya sikap otoriter pemimpin

3. Tidak terciptanya suasana kerja yang konduktif

4. Pimpinan Tidak memberikan kesempatan kepada bawahan untuk meningkatkan prestasi kerja.

5. Pimpinan Tidak memberikan kesempatan kepada bahawahannya untuk mengembangkan karier.

6. Kurangnya sikap simpatik, dan empati.

7. Kurangnya sikap kekeluargaan kepada bawahan.

1. Terjalinnya hubungan keakraban antar pengawai

2. Adanya sikap kekeluargaan antar pengawai

3. Adanya kesamaan visi dan misi

1. Tuntutan ekonomi keluarga yang semakin meningkat

2. Adanya sikap egoisme

3. Kurangnya tanggung jawab

Alternatif pemecahan masalah ini adalah dengan memberikan pelatihan serta pembinaan tentang kepempinan yang baik, etika dalam organisasi, komunikasi yang efektif, membangun kerjasama tim untuk menghasilkan suasana kerja yang konduksif serta memantapkan kembali kecerdasan emosional masing-masing pribadi.


Selengkapnya...

Minggu, 27 Juni 2010

CATATAN BUAT SAHABAT

Tulisan ini, saya khususkan buat sahabatku Ana (bukan nama sebenarnya) yang lagi aktif sebagai pengajar salah satu sekolah menengah kejuruan di bumi Bima-NTB. Tulisan ini merupakan lukisan perasaanku yang paling dalam.
Persahabatan adalah sebuah ikatan yang sangat erat, bukan sekedar berteman tapi persahabatan yang di landasi dengan ikatan aqidah yang berlafaskan ukhuwah islamiyah, yang mengharapkan ridhah Illahi. Persahabatan ini lah yang saya jalin dengan salah seorang teman, tapi ada sesuatu yang terkikis dalam persahabatan yang kami jalani beberapa bulan ini, entah apa yang ada dalam pikirannya, sehingga dia menghilang begitu saja tanpa meninggalkan satu kata.
Entah apa yang kami lakukan sehingga dia pergi begitu saja, setiap hari kami selalu mengaharapkan kabar dari-nya, menanyakan temannya serta kegiatan apa yang sedang dia lakukan. Sering kami melayangkan sms dan telpon hanya untuk menanyakan kabarnya, tapi hal itu sia-sia karena dia tidak pernah menjawabnya, yang lebih mengecewakan dia ganti no hpnya.

Saudaraku...!!! Yang perlu kamu ketahui, demi Zat yang menciptakan kita bahwa kami semua sangat menyayangimu, ikatan yang kita jalani selama ini tidak pernah terhapus oleh musin, waktu bahkan zaman sekidit pun, itu yang perlu kamu ketahui, sebab cinta kami kepadamu wahai saudaraku merupakan cinta karena Illahi Rabbi.
Saudaraku...!!! Apakah kamu lupa dengan kenangan yang kita ukir selama ini?, banyak sekali momen yang sudah kita lewati bersama, seberapa besar tempat-tempat yang sudah kita jelajahi?, apakah semua itu tidak terlintas dalam memorimu? Sudah berapa banyak ilmu yang kita dapatkan berkaitan dengan ukhuwah? Apakah ilmu itu tidak bisa merubah atau menbuatmu untuk mengkajinya lagi? Apakah kamu sudah lupa dengan ilmu tersebut? Ya Allah.....Ya Rabbi..... kembalikan memorinya!!!
Saudaraku...!!! Jangan sampai engkau menanyakan, ketika aku jatuh tidak ada seorangpun saudaraku yang membangunkan aku? Kemanakah mereka pergi? Lupakah mereka akan diriku? Ingatlah saudaraku kami tidak akan pernah meninggalkanmu, karena kami sadar penuh akan arti persahabatan.
Saudaraku...!!! Aku akan menceritakan kepadamu tentang sebuah kisah yang diriwayatkan oleh Imam Malik dalam Al Muwatha’ dari Abi Idris Al khaulany rahimahullah bahwa ia berkata: ”Aku pernah masuk Masjid Damskus. Tiba-tiba aku jumpai seorang pemuda yang murah senyum yang dikerumuni banyak orang. Jika mereka berselisih tentang sesuatu maka mereka mengembalikan kepada pemuda tersebut dan meminta pendapatnya. Aku bertanya tentang dia, lalu dikatakan oleh mereka,’Ini Muadz bin Jabal.’Keesekon harinya, pagi-pagi sekali aku datang ke mesjid itu lagi dan kudapati dia telah berada di sana tengah melakukan shalat. Ku tunggu sampai dia selesai melakukan shalat kemudia aku temui dan ku ucapkan salam kepadanya. Aku berkata,’Demi Allah aku mencintaimu. Lalu ia bertanya,’Apakah Allah tidak kau cintai?’Aku menjawab,’ Ya Allah aku cintai’. Lalu ia memegang ujung selendangku dan menariknya seraya berkata,’ Bergembiralah karena sesungguhnya aku pernah mendengar Rasulullah saw bersabda,’Allah berfirman, cinta-Ku pasti akan mereka peroleh bagi orang yang saling memadu cinta karena Aku, saling mengunjungi karena Aku, dan saling memberi karena Aku”.
Saudaraku...!!! Cerita di atas adalah salah satu dari banyaknya cerita tentang kisah seseorang yang mencintai saudaranya kerana Allah SWT, inilah yang menjadi landasan yang kita ambil, sehingga seberapapun salahnya saudaramu wahai saudaraku, maka maafkanlah dia, jangan sampai ada dendam dalam hatimu, apabila hal itu kamu lakukan maka Allah akan mengangkat derajatmu wahai saudaraku.
Saudaraku...!!! Saudara itu seperti bintang di malam hari, tidak selalu nampak, tapi mereka selalu ada. Saudara itu akan berusaha untuk saling menjaga, karena seorang saudara akan memberi apa-apa yang dia cinta untuk dirinya kepada saudaranya dan akan menjaga saudaranya dari apa-apa yang ia benci untuk dirinya. Wahai saudaraku, yang tak lelah memperbaiki diri, semoga keikhlasan itu tetap terjaga yang dengan ada ketulusan untuk memberi, lahir kesabaran untuk menerima kekurangan dan ada cinta yang akan menguatkan, cinta karena Allah hingga akhir berbuah amalan-amalan penghuni JANNAH.
Saudaraku...!!! Kita selalu merajut hari-hari bersama, di antara kebersamaan itu ada suka dan duka kita lewati, sebagai saudara yang baik apabila di antara kita ada yang salah dan kekeliruan, maka kita wajib untuk saling menasehati, memberikan masukan karena Allah swt sudah menjelaskan dalam Surat Al-Asr (103:1-3) ” Demi masa,’Sungguh, manusia berada dalam kerugian,’kecuali orang-orang yang beriman dan mengejarkan kebajikan serta saling menasehati untuk ke-benaran dan saling menasehati untuk kesabaran”. Saudaraku apapun bentuk masukan dari saudaramu, itu semua untuk kebaikan kita. Sahabat yang baik adalah yang membawa kita pada kebaikan bukan pada keburukan, maka terimalah masukkan dari saudaramu apapun bentuknya. Janganlah kamu melihat siapa yang memberikan masukkan itu, tapi lihatlah apa yang diberikannya. Saudaraku itu lah bentuk kecintaan dari saudaramu.
Saudaraku...!!! Ingatlah bahwa kita adalah seorang muslimah, ketika dalam keadaan lapang dan sempit ”cukuplah Allah menjadi penolong dan Allah adalah sebaik-baik pelindung” dan menyalin siraturrahim adalah wajib bagi setiap muslim.
Saudaraku...!!! Hidup adalah sebuah pilihan, baik-buruknya tergantung kita yang yang memilihnya. Kita adalah perempuan mukminah, apabila kamu keluar dari lingkungan kebaikan, maka Allah akan melepaskan satu persatu tali kebaikkan itu. Sebagai contoh, misalnya masalah sholat. Awalnya kita selalu mengejarkan sholat tepat pada waktunya. Tapi apabila kamu sudah keluar dari lingkungan kebaikan, maka sholat awal waktu yang sering kita kerjakan, menjadi akhir-akhir dari waktu kita. Bahkan suatu saat tanpa ada rasa muqarobbah, bisa saja kita meninggalkannya. Itu hanya satu contoh alaman dari sekian banyak amalan yaumiyah yang sering kita lakukan.
Wahai saudaraku, sesungguhnya engkau akan merasa bahagia apabila engkau adalah perempuan yang beriman, berdermawan, berpuasa, memakai hijab, taat pada suaminya, takut pada Tuhannya, ramah terhadap tetangganya, dan sayang pada anak-anaknya. Ingatlah, Allah berfirman ”Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman” (QS:Ali-Imran:139).

Untuk Saudaraku :

UHIBBUKIFILLAH UKHTI

Selengkapnya...

Sabtu, 26 Juni 2010

I LOVE BANK SYARIAH

Awal saya mengenal Bank Syariah sejak tahun 2004, dari seorang teman yang menjadi pegawai Bank Muamalat yaitu Bank Syariah pertama di Indonesia. Teman saya tersebut mendapat tugas untuk mensosialisasikan Bank Syariah di Bima-NTB berkerjasama dengan PT Pos Indonesia dan sekaligus menjadi kantor operasionalnya.
Pelayanan yang diberikan Bank Syariah saat itu dengan memberikan pembiayaan dan jasa-jasa lainnya dalam lalu-lintas pembayaran serta peredaran uang yang pengoperasianya dengan prinsip syariah Islam. Maksud dari pelayaan tersebut adalah memberikan modal kepada kelompok-kelompok usaha yang terdiri dari beberapa orang yang sudah mempunyai usaha dan ingin memajukkannya lagi, dengan sistem bagi hasil dan tanggung reteng yang ditawarkan oleh Bank Syariah kepada pemohon dana, dengan berbagai perjanjian antara kedua belah pihak yang berlandaskan syariah Islam.
Sosialisasi Bank Syariah di kota dan kabupaten Bima mengalami kendala disebabkan Bank Syariah belum punya kantor cabang serta media sosialisasinya yang kurang, sehingga masyarakat kota dan kabupaten Bima tidak mengetahui bagaimana dan siapa sebenarnya Bank Syariah, karena pada saat itu gaung Bank Syariah belum terlalu di kenal masyarakat. Dan akhirnya teman saya di tarik kembali ke Mataram-NTB.

Lagi-lagi pada tahun 2007, Bank Syariah melalui Bank Muamalat bekerjasama lagi dengan PT Pos Indonesia, hadir di kota dan kabupaten Bima dengan produknya yang baru, yaitu Tabungan Syar’e. Kenapa hanya tabungan Syar’e yang di tawarkan Bank Syariah? Karena PT Pos Indonesia hanya mampu menyediakan layanan tersebut. Dengan adanya layanan ini akhirnya PT Pos Indonesia banyak menyedia layanan yang diberi label serba online. Dari sini lah Bank Muamalat mulai di kenal oleh masyarakat Bima.
Gaung Bank Muamalat makin menyebar, di mana pada saat itu saya masih menggunakan tabungan Bank Konvensional. Pelanyanan dari Bank Konvensional kurang sreg di hati saya, sehingga membuat saya beralih tabungan ke Bank Muamalat.
Membuka tabungan Syar’e sangatlah gampang yaitu hanya dengan mengisi formulir dan menyerahkan fotocopy identitas (KTP, SIM dll) serta uang Rp.125.000,- dengan perincian Rp. 25.000,- sebagai administrasi (buku tabungan berupa kartu ATM) sedangkan Rp. 100.000,- sebagai tabungan awal kita, saat itu pula tabungan kita sudah aktif dan bisa digunakan.
Banyak kemudahan yang saya dapatkan dari Bank Muamalat di bandingankan dengan Bank Konvensional, yaitu saldo tabungan kita bisa Rp. 0,- jadi kita tidak takut kalau rekening kita di non-aktifkan, penyetoran di kantor Pos dan tidak ada administrasi penyimpanan bulanan, mudah mengambil tabungan hanya dengan menggesek ATM kita karena menggunakan ATM bersama yang bisa kita gunakan kapan saja dan di mana pun kita berada, serta pengambilan tersebut tidak dikenai biaya, yang paling penting adalah tidak adanya antrian panjang, sehingga sekarang saya bisa dengan santai mengatakan Selamat Tinggal Antrian....!!!
Banyak orang yang berpikiran bahwa perbankan syariah masih baru, jenis transaksi yang dapat dilakukan hanya sedikit. Anggapan tersebut dulu mungkin bisa dimengerti, tapi sekarang sama sekali tidak benar. Bank Syariah saat ini sangat modern. Semua jenis transaksi mulai dari tabungan, deposito, kredit usaha, kredit rumah, kliring, dan sebagainya dapat dilakukan dengan nyaman. Mayoritas Bank Syariah terhubung dengan jaringan online ATM Bersama sehingga Anda dapat tarik tunai dan transfer realtime dari/ke bank lain dengan mudah. Beberapa Bank ada yang menggratiskan biaya untuk ini. Beberapa Bank Syariah yang memberikan layanan Internet Banking, SMS Banking, bahkan kartu kredit syariah sehingga lebih praktis.
Mulai sekarang saya tidak akan berpindah ke lain hati, dan memetapkan hati saya pada Bank Syariah, karena prinsip kerja dari Bank ini sangat jelas sesuai dengan syariah Islam. Nisbah bagi hasil antara kita dan Bank Muamalat adalah 51 : 49. Bank Muamalat dapat merubah nisbah tersebut dengan terlebih dahulu mengumumkannya melalui counter Bank Muamalat atau koran dengan peredaran nasional dan berlaku paling cepat sepuluh hari kalender setelah pengumuman tersebut dikeluarkan. Tidak seperti Bank Konvensional lainnya yang menentukan sendiri suku bunga pinjaman maupun simpanan berdasarkan ketetapan Bank Indonesia. Ada kemungkinan meski kondisi bank kurang baik, tetap dapat “memberikan” bunga simpanan tinggi dan bunga kredit rendah. Hal ini dapat membahayakan bank tersebut.
Perbedaan antara perbankan syariah dan perbankan konvensional, yaitu: (1) market yang dianggap luas ternyata belum digarap secara maksimal (apalagi, bank syariah tidak hanya dikhususkan untuk orang muslim karena di sejumlah bank terdapat nasabah nonmuslim), (2) sistem bagi hasil terbukti lebih menguntungkan dibandingkan dengan sistem bunga yang dianut bank konvensional (review pada waktu krisis ekonomi-moneter), (3) return yang diberikan kepada nasabah pemilik dana bank syariah lebih besar daripada bunga deposito bank konvesional (ditambah lagi belakangan ini, suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) terus mengalami penurunan, sehingga suku bunga bank juga menurun), (4) bank syariah tidak memberikan pinjaman dalam bentuk uang tunai, tetapi bekerja sama atas dasar kemitraan, seperti prinsip bagi hasil (mudharabah), prinsip penyertaan modal (musyarakah), prinsip jual beli (murabahah), dan prinsip sewa (ijarah), dan (5) prinsiplaba bagi bank syariah bukan satu-satunya tujuan karena bank syariah mengupayakan bagaimana memanfaatkan sumber dana yang ada untuk membangun kesejahteraan masyarakat (lagi pula, bank syariah bekerja di bawah pengawasan Dewan Pengawas Syariah).(Tim BEINEWS,2004).
Disamping kemudahan di atas Bank Muamalat juga memberikan undian berupa hadiah seperti yang sering di lakukan Bank Konvensional. Sekitar tahun 2008, teman saya (Eva Sulfiana) mendapatkan undiah dari Bank Muamalat berupa Umroh ke tanah suci. Jadi tidak ada kata untuk tidak bersama Bank Syariah, dan harapan saya kepada Anda mulai sekarang beralihlah ke Bank Syariah.
Tulisan ini di ikut sertakan dalam lomba IB Kompasiana
Selengkapnya...

Minggu, 20 Juni 2010

NAMA ANAK ISLAMI

Nama anak Islami laki-laki dan perempuan
Aban : Perbuatan yang nyata
'Abdul 'alim : Hamba dari Yang Maha Tahu
'Abdul 'ally : Hamba dari Yang Maha Tinggi
'Abdul 'azhim : Hamba dari Yang Maha Agung
'Abdul 'aziz : Hamba dari Yang Maha Kua
'Abdulbari : Hamba dari Yang Maha Pencipta
'Abdulbasith : Hamba dari Yang Maha Luas
'Abdulfatah : Hamba dari Yang Maha Membuka Rizki

'Abduljabar : Hamba dari Yang Maha Perkasa
'Abdulghaffar : Hamba dari Yang Maha Pengampun
'Abdulhadi : Hamba dari yang Maha Memberi Petunjuk
'Abdulhafizh : Hamba dari Yang Maha Melindungi
'Abdulhaq : Hamba dari Yang Maha Benar
'Abdulhakam : Hamba dari Yang Maha menetapkan hukum
'Abdulhakim : Hamba dari Yang Maha Bijaksana
'Abdulhalim : Hamba dari Yang Maha Penyantun
'Abdulhamid : Hamba dari Yang Maha Terpuji
'Abdulhasib : Hamba dari Yang Maha Penghitung
'Abduljalil : Hamba dari Yang Maha Luhur
'Abdulkarim : Hamba dari Yang Maha Pemurah
'Abdullatief : Hamba dari Yang Maha Lemah-lembut
'Abdulmajid : Hamba dari Yang Maha Mulia
'Abdulmu'iz : Hamba dari Yang Maha Pemberi Kemuliaan
'Abdulmujib : Hamba dari Yang Maha Mengabulkan
'Abdulmatin : Hamba dari Yang Maha Perkasa
'Abdulmuhaimin : Hamba dari Yang Maha Penjaga
'Abdulqadir : Hamba dari Yang Maha Kuasa
'Abdulqudus : Hamba dari yang Maha Suci
'Abdul qahhar : Hamba dari yang Maha Penakluk
'Abdunnashir : Hamba dari yang Maha Penolong
'Abdurrafi' : Hamba dari Yang Maha Pengangkat
'Abdurrahim : Hamba dari Yang Maha Penyayang
'Abdurrahman : Hamba dari Yang Maha Pengasih
'Abdurrasyid : Hamba dari Yang Maha Cendikiawan
'Abdurrazzaq : Hamba dari Yang Maha Pemberi Rizki
'Abdurra'uf : Hamba dari Yang Maha Pengasih
'Abdulkhaliq : Hamba dari Yang Maha Pencipta
'Abdushshabir : Hamba dari Yang Maha Penyabar
'Abdushshamad : Hamba dari Yang Maha Abadi
'Abdussami' : Hamba dari Yang Maha Mendengar
'Abdullah : Hamba Allah
'Abdussyakur : Hamba dari Yang Maha Menghargai
'Abduttawwab : Hamba dari Yang Maha Penerima
'Abdulwadud : Hamba dari Yang Maha Pencinta
'Abdulwahid : Hamba dari Yang Maha Esa
'Abdulwahhab : Hamba dari Yang Maha Pemberi
Abid : Ahli ibadah
Abiyyu : Yang berjiwa mulia
Abu bakar : Khalifah pertama
Abulkhair : Yang terus berbuat baik
Abyan : Yang menjelaskan dengan gamblang
Adam : Nabi pertama
'Adil : Yang adil
'Afif : Yang murni
'Ahmad : Terpuji
Aiman : Beruntung
'Akram : Yang amat dermawan
'ala'uddin : Kemuliaan agama
Amin : Yang dapat dipercaya
Amir : Anak putra mahkota
Amjad : Lebih mulia
'Ammar : Pembangun
Ashim : Pelindung
'Athif : Yang ranah-tanah
aslim : Selamat
Atsir : Kilauan pedang
Awadh : Pahala
Ayub : Nama nabi
'Azzam : Bertekad
Baharuddin : Keagungan Agama
Basyir : Kabar gembira
Bashir : Yang mempunyai pandangan
Bassam : Yang banyak tersenyum
bayan : Bukti nyata
Bilal : Muadzin Rasulullah Saw
Burhan : Hujjah
Daud : Nama nabi
Dzulfiqar : Pedang Rasulullah Saw
Dhiya'uddin : Kejayaan agama
Fadhil : Mulia
Fadhlullah : Kemuliaan Allah
Faishal : Yang menentukan
Fakhri : Keagungan
Farid : Tak ada bandingnya
Faris : Kesatria
Faruq : Yang membedakan yang haq dan yang batil
Fathin : Cerdas
Fawwaz : Berhasil
Fu'ad : Hati
Ghalib : Pemenang
Ghazi : Penakluk
Habib : Yang terkasih
Hadi : Yang memberikan petunjuk
Hafish : Pengumpul
Hamdan : Yang penuh pujian
Hammad : Yang banyak bersyukur
Hamid : Yang memuji Allah
Hamzah : Paman Rasulullah Saw
Harits : Petani
Hariz : Yang kokoh
Harun : Nama nabi
Hasan : Bagus
Hasyim : Kakek Rasulullah Saw
Hisyam : Kedermawanan
Hudzaifah : Sahabat Rasulullah Saw
Husain : Bagus
Huud : Nama nabi
Ibrahim : Nama nabi
Ihsan : Kemurahan hati
'Imaddudin : Tiang agama
'Imran : Nama nabi
'Isa : Nama nabi
Ishaq : Nama nabi
Isma'il : Nama nabi
'Izzuddin : Keperkasaan agama
Jabir : Yang menyenangkan
Jalal : Kemuliaan
Jamal : Keindahan
Jamaluddin : Keindahan agama
Jamil : Bagus
Jawad : Murah hati
Jihad : Kesungguhan
Kamal : Kesempurnaan
Karim : Yang dermawan
Khairuddin : Kebaikan agama
Khalil : Sahabat
Labib : Bijaksana
Luqman : Nama nabi
Luthfi : Ramah
Mahdi : Yang diberi petunjuk
Mahmud : Yang terpuji
Majduddin : Keagungan agama
Ma'mun : Yang dapat dipercaya
Manshur : Yang ditolong Allah
Marzuq : Yang diberi rezki
Mas'ud : Yang beruntung
Mu'ads : Yang terlindungi
Muhammad : Yang terpuji
Mufid : Yang bermanfaat
Muhsin : Yang dermawan
Muhtadi : Yang diberi petunjuk
Mujahid : Pejuang
Mukhtar : Yang terpilih
Mundzir ; Pemberi peringatan
Munir : Yang berkilauan
Muntashir : Yang menang
Murtadhi : Yang ridha
Musa : Nama nabi
Muslim : Yang menyerah diri kepada Allah
Mustafa : Yang terpilih
Muwaffaq : Yang berhasil
Nabhan : Mulia
Nadzir : Pemberi peringatan
Nadim : Sahabat
Najib : Yang dermawan
Najmuddin : Bintang agama
Nashih : Penasehat
Nasiruddin : Pelindung agama
Naufal : Dermawan
Nuh : Nama nabi
Nuruddin : Kecerahan agama
Qasim : Yang membagi
Qudamah : Keberanian
Rabah : Yang memperoleh keuntungan
Rafiq : Baik hati
Ra'id : Pemimpin
Rasyad : Keutuhan
Ridha : Kepuasan hati
Ridhwan : penerimaan
Sa'id : Bahagia
Saifuddin : Pedang agama
Salim : Yang selamat
Sayyid : Pemimpin
Shabir : Yang sabar
Shafly : Tentram
Shalahuddin : Kebenaran agama
Shalih : Yang shaleh
Sulaiman : Nama nabi
Syarif : Mulia
Talmullah : Hamba Allah
Taufiq : Keberhasilan
Thahir : Yang suci
Tsabit : Kukuh
'Umar : Khalifah kedua
Wadi' : Tenang
Wafiq : Berhasil
Wallyuddin : Wakil agama
Wallyullah : Wakil Allah
Yahya : Nama nabi
Yazid : Menumbuhkan
Yunus : Nama nabi
Yusuf : Nama nabi
Zakariya : Nama nabi
Zakly : Murni
Zaid : Berlimpah-limpah
Zhafir : Menang
Zuhair : Cemerlang
NAMA ANAK PEREMPUAN
Adilah : Adil
'Afaf : Kesucian
'Afra : Putih
'Afifah : Yang murni (Yang suci)
'Aisyah : Istri Rasulullah
'Aliyah : Yang mulia
Amatullah : Hamba wanita Allah
Aminah : Yang dapat dipercaya
Amirah : Putri mahkota
'Anbar : Wewangian
Anisah : Teman dekat
'Arub : Wanita yang dicintai suaminya
Asma' : Putri Abubakar ra
Ashma : Unggul
Azhar : Bunga-bunga
'Azizah : Yang mulia
Badriyyah : Yang bagai bulan purnama
Bahiyyah : Yang cantik
Bari'ah : Yang unggul
Basimah : Yang tersenyum
Basyirah : Pembawa kabar gembira
Basmah : Sekulum senyum
Bilqis : Nama ratu Saba'
Fa'izah : Yang menang
Fadhilah : Keutamaan
Faridah : Tak ada bandingannya
Farihah : Yang bahagia
Fathimah : Putri Rasulullah Saw
Fatinah : Yang menawan
Fauziyah : Yang menang
Ghaliyah : Yang harum semerbak
Ghaida' : Muda dan lembut
Hadiyah : Yang memberi petunjuk
Hamidah : Yang patut dipuji
Hana' : Kebahagiaan
Hanan : Yang penyayang
Halimah : Yang lemah-lembut
Hanifah : Mukmin sejati
Haniyyah : Senang, bahagia
Hasna' : Cantik,bahagia
Hayah : Hidup
Haifa' : Yang bertubuh indah
Huda : Petunjuk yang baik
Husnun : Kecantikan, keindahan
Ikram : Kemuliaan
Imtitsal : Kepatuhan
Inas : Suka bergaul, keramahan
Intishar : Kemenangan
Izdihar : Bergunga, berkembang
Jamilah : Yang cantik
Janan : Hati atau jiwa
Juminah : Mutiara perak
karimah : Yang murah hati
Kamilah : Yang sempurna
Khadijah : Istri Rasulullah saw
Khaulah : Nama yang baik
Khariyyah : Yang murah hati
Lamis : Yang lembut sentuhannya
Lathifah : Yang lembah-lembut
Lina ; Yang ramah
Lubabah : Hakikat
Madihah : Yang patut dipuji
Majidah : Agung
makarim : Berwatak mulia
Manar : cahaya petunjuk
Selengkapnya...

15 PERISTIWA BESAR RAMADHAN

1. Al-Qur'an diturunkan pada bulan Ramadhan
Allah ta'ala berfirman: "Bulan Ramadhan yang diturunkan di dalam Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan atas petunjuk itu, serta pemisahan antara haq dan batil".(Al-Baqarah:185).
Ibnu Katsir mengatakan bahwa Allah Ta'ala menyanjung bulan Ramadhan atas bulan-bulan yang lain, yaitu dengan memilihnya sebagai bulan dimana Al-Qur'an diturunkan di dalamnya.
2. Kitab-kitab suci diturunkan pada bulan Ramadhan
Rasulullah Saw: "Shuhuf ibrahim turun pada awal malam pertama bulan Ramadhan, dan Taurat turun pada hari ke enam bulan Ramadhan dan Injil pada hari ke tiga belas dari bulan Ramadhan..."(Riwayat Ahmad).

3. Rasulullah mendapat wahyu pertama di bulan Ramadhan
Ketika Rasulullah Saw mendekati umur 40 tahun beliau selalu berpikir dan merenung serta berkeinginan kuat untuk mengasingkan diri (uzlah). Akhirnya, dengan mempersiapkan bekal makanan dan minuman, beliau menuju gua hira yang terdapat pada gunung Rahmah sebagai tempat ber-uzlah, yang berjarak dua mil dari kota Makkah.
Uzlah ini dilakukan tiga tahun sebelum masa kerasulan. Tatkala datang bulan Ramadhan pada tahun ketiga dari masa uzlah, turun kepada beliau Malaikat Jibril mewahyukan surat Al Alaq yang merupakan surat pertama yang diturunkan kepada rasulullah saw.
4. Perang Badar terjadi pada bulan Ramdhan
Perang Badar adalah pemisah antara yang haq dan yang bbatil, dan kaum Muslimin sebagi simbol tauhid dan kemuliaan, meraih kemenangan atas kaum Musyrikin sebagai simbol kekufuran dan kebodohan.
Peperangan terjadi pada hari jum'at, 27 Ramadhan, tahun kedua setelah hijrah. Allah Ta'ala berfirman: "Dan benar-benar Allah telah menolong kalian dalam keadaan terhina, maka takutlah kalian kepada Allah, semoga kalain bersyukur".(Ali Imran:123).
Ibnu Abbas mengatakan :"Saat itu hari Jum'at, 27 Ramadhan, dan saat itu juga terbunuh Fir'aun umat, Abu Jahal, musuh terbesar umat Islam.
5. Makkah dikuasai pada bulan Ramadhan
Fathu Makkah adalah peristiwa besar, allah Ta'ala berfirman: "Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata".(Al Fath:1).
Sebagai mufasirin berpendapat bahwa yang dimaksud kemenangan di sini adalah peristiwa Fathu Makkah, walaupun ada sebagai ulama yang menafsirkan sebagai perjanjian Hudaibiya dan penaklukan negeri Rum.
Peristiwa itu terjadi pada hari, tanggal 20 atau 21 Ramadhan, tahun ke delapan hijriyah. saat itulah semua berhala yang berada di sekitar Ka'bah dihancurkan.
6. Islam menyebar di yaman pada bulan Ramadhan
Tahun kesepuluh hijriah pada bula Ramadhan Rasulullah Saw menujuk ali bin Abi Thalib gunba menjadi pemimpin sejumlah pasukan untuk pergi ke penduduk Yaman dengan dengan membawa surat yang berisi ajakan untuk memeluk Islam.
7. Sebagian peristiwa dalam perang Tabuk terjadi pada bulan Ramadhan
Ibnu Hisyam dalam sirahnya menyebutkan bahwa persiapan perang Tabuk dilakukan sejak bulan Rajab, tahun ke 9 hijriyah, untuk menghadapi Rum. Saat itu adalah masa-masa sulit bagi kaum Muslimin di Madinah, karena mereka sedang dilanda masa peceklik, serta cuaca panas yang amat menyengat, sehingga ada beberapa orang yang merasa berat hati untuk ikut serta dalam peperangan, seperti Ka'ab bin Malik.
Walau banyak hambata, pada akhirnya kaum Muslimin pun berangkat ke Tabuk dengan jumlah yang cukup besar yaitu sekitar 30.000 tentara.
Namun, setelah pasukan kaum Muslimin sampai di Syam yang saat itu berada dalam kekuasaan Rum, pasukan musuh berlindung di dalam benteng-benteng mereka dan enggan keluar. Sehingga Syam bisa dikuasai dengan mudah oleh pasukan Islam dan kewajiban membayar jizyah diberlakukan kepada penduduk Syam yang saat itu beragama Nasrani.
8. Penghancuran berhala Uzza di bulan Ramadhan
Ibnu Katsir menyebutkan dalam Al Bidayah wa An Nihayah bahwa pada 5 hari terakhir di bulan Ramadhan tahun ke lima hijriyah Rasulullah Saw mengutus sejumlah pasukan yang dipimpin oleh Khalid bin Walid guna menghancurkan rumah peribadatan yang digunakan untuk menyembah Uzza. Dan Rasulullah bersabda:"Uzza itu tidak akan diibadahi selamanya!"
9. Penghancuran Latta di bulan Ramadhan
Ibnu Katsir menyebutkan dalam Al Bidayah wa An Nihayah bahwa pada tahun ke 9 hijriyah di bulan Ramadhan datanglah utusan kabilah Tsaqif dari Thaif kepada Rasulullah Saw untuk menyatakan keislaman.
Karrena kabilah Tsaqif sudah memeluk Islam maka Rasulullah dan para sahabat berinisiatif untuk menghancurkan berhala latta yang biasa mereka sembah, akan tetapi mereka meminta izin untuk menghancurkan berhala mereka sendiri, akhirnya Rasulullah Saw pun mengizinkan. Tak lama kemudian, kabilah Tsaqif menghancurkan berhala mereka sendiri.
10. Andalus ditaklukkan pada bulan Ramadhan
Pada 27 Ramadhan tahun 92 hijriyah, pasukan Islam yang dipimbin oleh Thariq bin Ziyad berhasil memasuki Andalus dari arah pesisr, ini adalah hal yang diluar dugaan, sehingga Roderick, penguasa Visigoth Spanyol segera mempersiapkan pasukannya yang berjumlah 25.ooo.
Setelah menguasai Jabal Thariq dan membakar kapal-kapal yang telah digunakannya, Thariq bin Ziyad berkhutbah di depan pasukannya:"Lautan dibelakang kalian! Musuh di depan kalian!...". Lalu pacahlah pertempuran antara 12.000 pasukan Muslimin melawan 25.000 tentara Roderick. Yang berakhir dengan tercerai-berainya pasukan Visogoth dan tewasnya Roderick.
11. Pasukan Islam di Andalus mengalahkan Faranjah di bulan Ramadhan
Di pagi hari jum'at 20 Ramadhan 479 H terjadi peristiwa Zalaqah (yaitu dataran dekat wilayah Portugis). Di mana pasukan Islam yang melakukan penjagaan di wilayah Andalus yang dipimpn Faranjah (Franks) yang berjumlah 80.000 tentara yang dipimpin oleh Alfons VI yang juga tewas dalam pertempuran itu.
12. Pasukan Mongol dihancurkan di Palestina pada bulan Ramadhan
Hari juma'at 15 Ramadhan 658 H pasukan Muslimin yang dipimpin Saifuddin Qutuz, penguasa dinastik Mamalik di Mesir, berhasil menghancurkan 20.000 tentara Mongol yang dipimpin oleh Qitbuqa.
Para sejarawan menganggap bahwa peristiwa ini amat penting dalam sejarah panaklukan bangsa Mongol di asia Tengah, dimana pasukan Mongol mengalami kekelahan telak atas kaum Muslimin dan tidak mampu membalas kekalahan itu, sebagaimana yang bisa mereka alami, hingga panglima perangnya Qitbuqa berhasil dieksekusi.
Peperangan ini terjadi di 'Ain Jalut, yaitu sebuah desa yang terletak antara Bisan dan Nablus. Sehingga peperangan ini dikenal dengan peristiwa 'Ain Jalut'.
13. Pengepungan 60 ribu pasukan Rusia digagalkan oleh 15 ribu pasukan Utsmani
Pada 23 Ramadhan 1270 H pada hari ini kekuatan militer Rusia dibawah pimpinan Marsyal Bernes menghentikan kepungannya terhadap kota Selestriya yang terletak di wilayah Qarum, pengepungan yang terjadi selama 35 hari ini tidak membawa dampak yang berarti bagi kekuatan Khalifah Utsmaniyah, walaupun kekuatan militer Rusia mencapai 60 ribuan tentara berhadapan 15 ribu tentara Utsmaniyah yang kebanyakan dari Mesir. Pelajaran yang dapat dipetik adalah kekuatan yang sedikit mampu mengalahkan kekuatan yang besar.
14. Anthokiah jatuh ke tangan kaum Muslimin di bulan Ramadhan
Pemerintahan Anthokiah didirikan oleh Pangeran Wormandi Buwaihimund pada tahun 491 H. Kota ini merupakan kota termegah dengan dikelilingi benteng yang sangat kuat dan dijaga oleh ribuan pasukan secara bergiliran siang dan malam. Walaupun kondisinya demikian kaum Muslimin berhasil menaklukan daerah ini dengan izin Allah Ta'ala dibawah panglima perang Dhohir Bibris. Terhitung 40 ribu mati dan tertawa dari pihak musuh. Kemenangan ini merupakan kemenangan terbesar setelah kemenangan Hitthin. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 14 Ramadhan 666 H.
15. Mesir menghancurkan kekuatan Israel di Suez pada bulan Ramdhan
Pada tanggal 10 ramadhan yang bertepatan dengan 6 Oktober 1973 tentara Mesir mampu menembus terusan Suez dan menghancurkan benteng Berlif seta menghancurkan kekuatan tentara Israel. Begitu pula tentara Suriah mampu membebaskan beberapa wilayahnya dari tangan Israel. Rakyat Mesir mengenang peperangan ini dengan peristiwa Abour.
Setelah peristiwa ini Israel mulai menyadari kekuatan Mesir dan daratan Sinai kembali ke pangkuan Mesir.(Hidayatullah)
Selengkapnya...

Rabu, 16 Juni 2010

FUNGSI DAN TUGAS PENGELOLA SEKOLAH


1. KEPALA SEKOLAH
Kepala sekolah berfungsi dan bertugas sebagai Edukator,Manajer, Administrator, dan Supervisor, Pimpinan/Leader Inovator, Motivator.
A. Kepala sekolah Selaku Edukator
Kepala Sekolah sebagai Edukator bertugas melaksnakan proses belajar secara efektif dan efisien (lihat tugas guru).

B. Kepala Sekolah Selaku Manajer
Mempunyai tugas:
1. Menyususn perencanaan.
2. Mengorganisasi kegiatan.
3. Mengkoordinasi kegiatan.
4. Melaksanakan pengawasan.
5. Melakukan Evaluasi terhadap kegiatan.
6. Mengarahkan kegiatan.
7. Menentukan kebijaksanaan.
8. Mengadakan rapat.
9. Mengambil kepeutusan.
10. Mengatur proses belajar mengajar.
11. Mengatur administrasi, ketatausahaan, siswa, ketenagaan, sarana, prasarana dan keuangan (RAPBS).
12. Mengatur organisasi siswa intra sekolah (OSIS).
13. Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan instansi terkait.
C. Kepala Sekolah Selaku Administrator
Bertugas Menyelenggarakan Administrasi:
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Pengarahan
4. Pengkoordinasian
5. Pegawasan
6. Kurikulum
7. Kesiswaan
8. Ketatausahaan
9. Ketenagaan
10 Kantor
11. Keuangan
12. Perpustakaan
13. Laboratoriun
14. Ruang keterampilan/Kesenian
15. Bimbingan konseling
16. UKS
17. OSIS
18. Serba guna
19. Media
20. Gudang
21. 7 K
D. Kepala Sekolah Selaku Supervisor
Bertugas Menyelenggarakan Supervisi mengenai :
1. Proses Belajar Mengajar (PBM)
2. Kegiatan bimbingan dan konseling
3. Kegiatan Ekstrakurikuler
4. Kegiatan ketatausahaan
5. Kegiatan kerja sama dengan masyarakat dan instansi terkait
6. Sarana dan prasarana
7. Kegiatan osis
8. Kegiatan 7 K
E. Kepala Sekolah Selaku Pemimpin /Leader
1. Dalam rapat dipercaya jujur dan bertanggung jawab
2. Memehami kondisi Guru
3. Memiliki Visi dan Memahami Misi Sekolah
4. Mengambil keputusan urusan interen dan eksteren sekolah
5. Membuat mencari dan memilih gagasan baruF. Kepala Sekolah Sebagai Inovator
6. Melakukan pembaharuan dibidang: KBM, BK, Eksrakurikuler, Pengadaan.
7. Melaksanakan pembinaan guru dan karyawan
8. Melakukan pembaharuan dalam menggali sumberdaya di KOMITE SEKOLAH dan Masyarakat
G. Kepala Sekolah Sebagai Motivator
1. Mengatur ruang kantor yang konduktif untuk bekerja
2. Mengatur kantor yang konduktif untuk KBM/BK
3. Mengatur ruang laboratorium yang konduktif untuk praktik
4. Mengatur ruang perpustakaan yang konduktif untuk Belajar
5. Mengatur halaman/lingkungan sekolah yang sejuk dan teratur
6. Menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis sesama Guru dan Karyawan
7. Menciptakan hubungan kerja yang harmonis antar Sekolah dan lingkungan
8. Menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman. Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Sekolah dapat mendelegasikan kepada wakil kepala sekolah.
2. WAKIL KEPALA SEKOLAH
Wakil kepala sekolah membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
A. Menyususn perencanaan, membuat program kegiatan dan pelaksaan program
B. Pengorganisasian
C. Pengarahan
D. Ketenagaan
E. Pengoordinasian
F. Pengawasan
G. Penilaian
H. Indentifikasi dan pengumpulan data
I. Penyusunan laporan
Wakil kepala sekolah bertugas membantu kepala sekolah dalam urusan-urusan sebagai berikut :
a. KURIKULUM
1. Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
2. Menyusun pembagian tugas dan jadwal mengajar
3. Mengatur penyusunan program pengajaran (program semester), program satuan pelajaran,
dan persiapan mengajar dan penyesuaian kurikulum
4. Mengatur pelaksanaan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler
5. Mengatur pelaksanaan program penilaian, kriteria kenaikan kelas, kriteria kelulusan, dan laporan kemajuan belajar
6. Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengajaran
7. Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
8. Mengatur pengembangan MGMPP dan koordinator mata pelajaran
9. Mengatur mutasi siswa
10. Melakukan supervisi administrasi dan akademis
11. Menyususn laporan
b. KESISWAAN
1. Mengatur program dan pelaksanaan bimbingan dan konseling
2. Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan 7 K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kesehatan, dan kerindangan)
3. Mengatur dan membina program kegiatan OSIS meliputi : Kepramukaan, palang merah meraja (PMR), kelompok ilmiah remaja (KIR), usaha kesehatan sekolah (UKS), patroli keamanan sekolah (PKS), paskibra
4. Mengatur program pesantren kilat
5. Menyusun dan mengatur pelaksanaan pemilihan siswa teladan sekolah
6. Menyelenggarakan cerdas cermat, olah raga prestasi
6. Menyeleksi calon untuk diusulkan mendapat beasiswa
c. SARANA PRASARANA
1. Merencanakan kebutuhan prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar
2. Merencakan program pengadaannya
3. Mengatur pemanfaatan sarana dan prasarana
4. Mengelola perawatan, perbaikan dan pengisian
5. Mengatur pembukuannya
6. Menyusun laporan
d. HUBUNGAN DENGAN MASYARAKAT
1. Mengatur dan mengembangkan hubungan dengan KOMITE SEKOLAH dan peran KOMITE SEKOLAH
2. Menyelenggarakan bakti sosial, karya wisata (gebyar pendidikan)
3. Menyususn laporan
3. GURU
Guru bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien.
Tugas dan tanggung jawab Guru meliputi :
A. Membuat perangkat pengajaran :
* AMP
* Program tahunan/Semester
* Program satuan pelajaran
* Program rencana pengajaran
* Program mingguan guru
* LKS
B. Melaksanakan kegiatan pembelajaran
C. Melaksanakan kegiatan penilaian program belajar, ulangan harian, ulangan umum, ujian akhir
D. Melaksanakan analsisi hasil ulangan harian
E. Menyususn dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
F. Mengisi daftar nilai siswa
G. Melaksanakan kegiatan bimbingan (pengibasan-pengetahuan) kepada guru lain dalam proses belajar mengajar
H. Menbuat alat pelajaran/ alat peraga
I. Menumbuh kebangkan sikap menghargai karya seni
J. Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
K. Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
L. Mengadakan pengembangan program pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya
M.Menbuat catatan tentang kemajuan hasil belajar siswa
N. Mengisis dan meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pelajaran
O. Mengatur kebersihan ruang kelas dan ruang praktikum
P. Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan kelas.
4. WALI KELAS
Wali kelas membantu kepala sekolah dalam kegiata-kegiatan sebagai berikut :
A. Pengelolaan kelas
B. Penyelenggaraan administrasi kelas meliputi :
* Denah tempat duduk siswa
* Papan absensi siswa
* Daftar pelajaran kelas
* Daftar piket kelas
* Buku absensi siswa
* Buku pembelajaran/ buku kelas
* Tata tertib siswa
C. Penyususnan pembuatan statistik bulanan siswa
D. Pengisian daftar kumpulan nilai siswa (legger)
E. Pembuatan catatan khusus tentang siswa
F. Pencatatan mutasi siwa
G. Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar
H. Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar
5. GURU BIMBINGAN DAN KONSELING
Bimbingan dan konseling membantu kepala sekolah dalam kegiata-kegiatan sebagai berikut :
1. Penyusun program dan pelaksanaan bimbingan konseling
2. Kooardinasi dengan wali kel;as dalam rangka mengatasi masalah yang dihadapi siswa tentangkesulitan belajar
3. Memberikan layanan dan bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar
4. Memberikan saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai
5. Mengadakan penilaian pelaksanaan bimbingan dan konseling
6. Menyusun statistik hasil penilaian bimbingan dan konseling
7. Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi hasil belajar
8. Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut bimbingan dan konseling
9. Menyusun laporan pelaksanaan bimbingan konseling
6. PUSTAKAWAN SEKOLAH
Pustakawan sekolah membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
1.Perencanaan pengadaan buku-buku/bahan pustaka/ media elektronika
2. Pengurusan pelayanan perpustakaan
3. Perencanaan pengembangan perpustakaan
4. Pemeliharaan dan perbaikan buku-buku/ bahan pustaka media elektronika
5. Inventarisasi dan mengadministrasian buku-buku dan bahan pustaka/ media elektronika
6. Melakukan layanan bagi siswa, guru dan tanaga kependidikan lainnya, serta masyarakat
7. Menyimpang buku-buku perpustakaan/ media elektronika
8. Menyusun tata tertib perpustakaan
9. Menyusun laopran kegiatan perpustakaan secara berkala
7. LABORAN
Pengelola laboratorium membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
1. Perencanaan pengadaan alat dan bahan laboratorium
2. Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboratum
3. Mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium
4. Memelihara dan perbaikan alat-alat laboratorium
5. Inventarisasi dan pengadminstrasian peminjam alat-alat laboratorium
6. Menyususn laporan pelaksanaan kegiatan laboratoriun
8. KEPALA TATA USAHA
Kepala tata usaha mempunyai tugas melaksanakan ketatausahaan sekolah dan bertanggung jawab kepada kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
1. Penyusun program kerja tata usaha sekolah
2. Pengelolaan keuangan sekolah
3. Pengurusan administrasi ketenagaan dan siswa
4. Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah
5. Penyususnan administrasi perlengkapan sekolah
6. Penyusun dan penyajian data/statistik sekolah
7. Mengkoordinasi dan melaksanakan 7 K
8. Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pengurus ketatausahaan secara berkala
9. TEKNISI MEDIA
Teknisis media membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegaiatan sebagai berikut :
1. Merencanakan pengadaan alat-alat media
2. Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan media
3. Menyusun program kegiatan teknisi media
4. Mengatur penyimpanan, pemiliharaan dan perbaikan alat-alat media
5. Inventarisasi dan pengadministrasian alat-alat media
6. Menyusun laporan pemanfaatan alat-alat media
10. LAYANAN TEKNIS DIBIDANG PERAMANAN/KEBUN (TUKANG KEBUN)
1. Mengusulkan keperluan alat perkebunan
2. Merencanakan distribusi, jenis dan pemilah tanaman
3. Memotong rumput
4. Menyiangi rumput liar
5. Memelihara dan memangkas tanaman
6. Memupuk tanaman
7. Memberantas hama penyakit tanaman
8. Menjaga kebersihan dan keindahan taman serta kerindangan
9. Merawat tanaman dan infrastrukturnya
10. Merawat dan memperbaiki peralatan kebun
11. Menbuang sampah kebun dan lingkungan sekolah ke tempat sampah
11. LAYANAN TEKNIS DIBIDANG KEAMANAN(PENJAGA/SATPAM)
1. Mengisi buku catatan kejadian
2. Mengantar/memberi petunjuk tamu sekolah
3. Mengamankan pelaksanaan upacara, PBM, Ebta/eptanas dan rapat
4. Menjaga kebersihan pos jaga
5. Menjaga ketenangan dan keamanan siang dan malam
6. Merawat perawatan jaga malam
7. Melaoprkan kejadian secepatnya (bila ada).

Selengkapnya...

Selasa, 15 Juni 2010

24 KEAJAIBAN RAMADHAN

1. Ramadhan jalan menuju takwa
Allah SWT berfirman "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian puasa sebagaimana diwajibkan atas kaum sebelum kalian, agar kalian bertakwa."(QS.Al-Baqarah:183).
2. Ramadhan bulan mujahadah
Para ulama salaf adalah suri tauladan bagi umat. Mujahadah mereka dalam mengisih bulan Ramadhan amat perlu dicontoh. Imam Asyafi'i, misalnya, dalam bulan Ramadhan menghatamkan Al-Qur'an sebanyak dua kali dalam semalam. Ini dikerjakan di dalam sholat. Dengan demikian beliau menghatamkan Al-Qur'an 60 kali sepanjang Ramadhan.

Imam Abu Hanifah juga menghatamkan Al-Qur'an dua kali dalam sehari selama Ramadhan.
3. Puasa Ramadhan menumbuhkan sifat amanah
Wahbah Zuhaili dalam bukunya Al Fiqh Al Islami berpendapat, puasa mengajarkan rasa amanat dan muraqabah di hadapan Allah Ta'ala, baik dengan amalan yang tampak maupun yang tersembunyi. Maka tidak ada yang mengawasi seseorang yang berpuasa agar menghindari hal-hal yang dilarang dalam berpuasa kecuali Allah Ta'ala.
4. Puasa Ramadhan melatih kedisiplinan
Puasa juga melatih kedisiplinan. Wahbah Zuhaili menjelaskan seorang yang berpuasa harus makan dan minum dalam waktu yang terbatas. bahkan, dalam berbuka pun harus disegerakan.
5. Puasa Ramadhan menumbuhkan rasa solidaritas sesama Muslim
Puasa Ramadhan pun menumbuhkan rasa solidaritas di antara sesama Muslim. Pada bulan ini semua umat Islam, dari timur hingga barat, diwajibkan untuk menjalankan puasa. Mereka berpuasa dan berbuka dalam waktu yang sama, dikarenakan mereka memiliki Rabb yang satu.
Seorang yang merasa lapar dan dahaga akhirnya juga bisa ikut merasakan kesengsaraan saudara-saudaranya yang kekurangan atau tertimpah bencana. Sehingga tumbuh perasaan kasih sayang terhadap umat Islam yang lain.
6. Puasa Ramadhan melatih kesabaran
Bulan Ramadhan adalah bulan di mana pada siang hari kita diperintahkan meninggalkan makanan yang asalnya halal, berlebih lagi yang haram. begitu pula disaat ada seseorang mengganggu kita. Rasulullah Saw bersabda : "Bila seseorang menghina atau mencacinya, hendaknya ia berkata 'Sesungguhnya aku sedang berpuasa" (Riwayat Bukhari).
7. Puasa Ramadhan menyehatkan
Rasulullah Saw bersabda :"Berpuasalah, maka kamu akan sehat" (Riwayat Ibnu Sunni). Ada yang menyatakan bahwa hadits ini dhoif, akan tetapi ada pula yang mengatakan bahwa derajat hadits ini sampai dengan tingkat hasan (lihat, Fiqh Al Islami wa Adilatuh, hal 1619).
Tapi, makna matan hadist bisa tetap diterima, karena puasa memang menyehatkan. Al Harits bin Kaldah, tabib Arab yang pernah mengabdi kepada Rasulullah Saw juga pernah mengatakan :"Lambung adalah tempat tinggal penyakit dan sedikit makan adalah obatnya".
8. Lailatul Qadar adalah hadiah dari Allah untuk umat
Diriwayatkan oleh Imam malik Al Muwatha', dia telah mendengar dari seorang ahlul ilmi tsiqoh yang telah mengatakan :"Sesungguhnya telah diperlihatkan usia-usia umat sebelumnya kepada Rasulullah Saw, atau apa yang telah Allah Swt kehendaki dari hal itu, dan sepertinya usia umat beliau tidak mampu menyamai amalan yang telah dicapai oleh umat-umat sebelumnya, maka Allah memberi beliau Lailatul Qadar yang lebih daripada seribu bulan (Riwayat Malik).
9. Ramadhan bulan ampunan
Bulan Ramadhan adalah bulan ampunan. Rasulullah Saw bersabda: "Dan siapa yang berpuasa Ramadhan dengan didasari keimanan dan pengharapan ridha Allah, diampunkan untuknya dosa yang telah lalu."(Riwayat Bukhari).
10. Siapa dilihat Allah, maka ia terbebas dari azab-Nya
Dari jabir bin Abdullah Ra Rasulullah bersabda: "Pada bulan Ramadhan umatku dianugerahi lima perkara yang tidak diberikan kepada Nabi-nabi sebelumku. Yang pertama, sesungguhnya jika Allah melihat mereka di awal malam dari bulan Ramadhan, dan barang siapa yang telah dilihat Allah maka ia tidak akan mengazabnya selamanya..."(Riwayat Baihaqi).
11. Bau mulut orang berpuasa lebih harum dari misk di hadapan Allah
Rasulullah Saw bersabda: :...Yang kedua, sesungguhnya bau mulut mereka ketika sore hari lebih harum di hadapan Allah daripada bau misk..."(Riwayat Baihaqi).
12. Di bulan Ramadhan para malaikat meminta ampunan untik umat
Rasulullah Saw bersabda: "...Adapun yang ketiga, sesungguhnya para malaikat meminta apunan untuk mereka siang dan malam..."(Riwayat Baihaqi).
13. Di bulan Ramadhan surga berbanah diri
Rasululla Saw bersabda: "...Adapun yang keempat, sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla memerintahkan surga-Nya, Ia berfirman: " Bersiap-siaplah, dan hiasilah dirimu untuk para hamba-Ku, sehingga mereka bisa segera beristirahat dari kelelahan (hidup di) dunia menuju negeri-Ku dan kemulyaan-Ku..."(Riwayat Baihaqi).
14. Rasulullah Saw bersabda; "...Adapun yang kelima, sesungguhnya jika tiba malam terakhir Ramadhan Allah memberikan ampunan kepada mereka semua. Lalu bertanyalah seseorang lelaki dari sebuah kaum: "Apakah itu lailatul qadar? Ia bersabda: "Bukan, apakah kau tidak mengetahui perihal orang-orang yang bekerja, jika mereka selesai melakukan pekerjaan maka imbalanya adalah akan dipenuhi.(Riwayat Baihaqi).
15. Pintu surga dibuka, pintu nerak ditutup, setan dibelenggu
Rasulullah Sawa bersabda: "Jika Ramadhan tiba dibukalah pintu surga dan ditutuplah pintu neraka serta setan-setan dibelenggu. (Riwayat Bukhari).
Dalam syarah Shahih Muslim, Qadhi Iyadh menjelaskan bahwa hadits di atas bisa bermakna hakiki, yaitu pintu surga diibuka, pintu neraka ditutup, serta setan-setan dibelenggu sebagai tanda datangnya Ramadhan sekaligus pemuliaan terhadapnya. Tapi bisa juga bermakna majaz yang mengisyaratkan besarnya pahala dan ampunan di bulan itu, sehingga serta seperti terbelenggu.
16. Pahala syuhada bagi yang melakukan kewajiban dan menghidupkan Ramadhan
Datanglah seorang laki-laki kepada nabi Saw dan berkata, "Wahai Rasulullah, tahukah Anda jika saya telah bersaksi bahwa tidak ada ilah selain Allah dan sesungguhnya Anda adalah utusan Allah, aku juga telah melakukan shalat lima waktu, juga telah menunaikan zakat, serta aku telah berpuasa Ramadhan dan menghidupkannya, maka termasuk golongan siapakah aku? Rasulullah Saw bersabda: "Termasuk dari orang-orang shidiq dan syuhada". (Riwayat Ibnu Hibban dalam Shahihnya).
17. Pahala amalan bulan Ramadhan berlipat ganda
Sari salman Ra, Rasulullah Saw berkhutbah di hari terakhir bula Sya'ban: "Wahai manusia, telah datang kepada kalian bulan agung yang penuh berkah...barang siapa mendekatkan diri di dalamnya dengan perbuatan kebajikan, maka ia seperti mengejarkan tujuh puluh kewajiban selainnya..." (Riwayat Ibnu Huzaimah dalam shahihnya).
18. Seluruh hari dalam Ramadhan memiliki keutamaan
Rasulullah Saw bersabda: "...Dia adalah bulan yang permulaannya adalah rahmat, pertengahannya ampunan, serta paripurnanya adalah pembebasan dari api neraka..."(Riwayat Ibnu Huzaimah dalam shahihnya).
19. Siapa yang memberi minum orang yang berpuasa, allah akan memberi minum kelak di akhirat
Rasulullah Saw bersabda: "Dan barang siapa memberi minuman orang yang berpuasa maka Allah akan memberinya dari telaga minuman yang tidak menghauskan hingga ia masuk ke dalam surga"(Riwayat Ibnu Huzaimah dalam shahihnya).
20. Sebaik-baik sedekah adalah sedekah di bulan Ramadhan
Rasulullah saw bersabda: "Sebaik-baik sedekah yaitu sedekah di bulan Ramadhan."(Riwayat Tirmidzi)
21. Doa mustajab di bulan Ramadhan
Diriwayatkan dari Abu Umamah Ra bahwa Rasulullah Saw bersabda: "...Dan untuk setiap muslim di setiap hari dan petang (dalam bukan Ramadhan) doa yang mustajab (Riwayat Bazar).
Rasulullah Saw juga bersabda: "Tiga yang tidak bertolak dosanya, orang yang berpuasa hingga berbuka, imam adil, dan orang yang terdhalimi." (Riwayat Tirmidzi).
22. Pahala unrah Ramadhan sama dengan haji
Rasulullah saw bersabda kepada seorang wanita Anshar: "Jika datang Ramadhan maka lakukanlah umrah, karena sesungguhnya umrah dalam bulan itu setaraf dengan haji."(Riwayat An Nasa'i).
23. Pahala i'tikaf di bula Ramadhan sama dengan pahala 2 haji dan umrah
Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Husain Ra menyatakan, bahwa Rasulullah telah bersabda: "barang siapa menjalankan i'itikaf selama sepuluh hari di bulan Ramadhan maka amalan itu seperti dua haji dan umrah (Riwayat Baihaqi)
24. Dalam Ramadhan terdapat malam yang istimewah (Lailatul Qadar)
Allah Swt berfirman: "Lailatul qadar lebih baik daripada seribu bulan".(Q.S.Al-Qadr:3). Menghidupkan Ramadhan dan melakukan amalan di dalamnya lebih baik daripada menjalankan amalan dalam seribu bulan tanpa Ramadhan. (Hidayatullah)


Selengkapnya...

6 LANGKAH MENJADIKAN RAMADHAN LEBIH HIDUP


Upaya menciptakan revolusi Ramadhan di dalam keluarga sebenarnya buka sesuatu yang sulit jika kita mengerti langkah-langkah integralnya. Kebanyakan kaum Muslimin menganggap keberhasilan Ramadhan terletak di bulan Ramadhan sendiri. Padahal justru kunci rahasianya tergantung dari langkah-langkah jauh hari sebelum ia tiba dan sesudah ia berlalu.
Berikut ini langkah-langkah integral tersebut.
1. Bersiap sambut Ramadhan
Sejak bulan rajab Rasulullah SAW sudah menyambut Ramadhan dengan bermunajat kepada Allah SWT :"Allahuma baarik lanaa fii Rajaba wa Sya'bana, wa balighnaa Ramadhan" (Ya Allah berilah kami berkah di Bulan Rajab dan Bulan Sya'ban ini, dan pertemukan kami dengan Bulan Ramadhan). Di awal bulan Sya'ban beliau lebih meningkatkan ibadahnya dengan memperbanyak puasa sunnah.

Keluarga-keluarga Muslim hari ini dapat meyambut kedatangan Ramadhan dengan mengumpulkan seluruh anggota keluarga dalam sebuah majelis tartib (penyambutan) atau tausiyah (penyadaran). Ini bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang kemuliaan Ramadhan, sunnah-sunnahnya, dan juga pantangannya.
Disamping itu, setiap keluarga Muslim harus membuat persiapan-persiapan yang diperlukan jauh-jauh hari. Baik persiapan ilmu dan pemahaman, ruhani, fisik, dan juga persiapan finansial.
Persiapan ilmu dan pemahaman diperlukan agar ibadah Ramadhan dapat dilaksanakan secara benar menurut petunjuk Rasulullah SAW. Persiapan ruhani diperlukan untuk meluruskan niat, membersihkan hati, membangun tekad, dan bersiap untuk menerima bimbingan serta petunjuk Allah SWT.
Persiapan fisik dengan memperbanyak puasa sunnah Sya'ban agar terbiasa dan kuat menjalani puasa Ramadhan. sedangkan persiapan finansial diperlukan untuk memenuhi kebutuhan ibadah agar tercapai kesempurnaan. misalnya, pengadaan perlengkapan ibadah, buku-buku referensi Ramadhan, membayar zakat dan sedekah. jadi, bukan untuk gaya hidup konsumtif seperti kebanyakan umat Islam.
2. Luruskan niat dan bulatkan tekad
Niat menjadi kunci utaama ditema-tidaknya amal seorang Mukmin. Ibadah hanya akan menjadi amal dunia jika niatnya hanya untuk dunia. Sedangka ibadah yang berbuah dunia dan akhirat adalah ibadah yang diniatkan secara ikhlas, mengharap keridhaan Allah SWT.
Di samping niat, diperlukan juga tekad (azam)yang kuat untuk meraih keutamaan yang dijanjikan oleh Allah SWT dengan Ramadhan. Harus ada suatu kesadaran hati sejak awal untuk melakukan perubahan diri melalui Ramadhan. Setiap pribadi hendaknya bertekad meraih prestasi tetinggi dihadapan Allah SWT.
Ada baiknya setiap anggota keluarga membuat target pribadi dalam setiap Ramadhan agar terdorong kuat untuk mencapainya. Contoh, target dalam bulan Ramadhan ini:"saya akan melaksanakan Qiyamullail (sholat malam) setiap hari tanpa putus...Saya akan selalu shalat fardhu berjama'ah...Saya akan menghatamkan Al-Qur'an...Saya akan memulai menggunakan busana yang Islami."
3. Susu program kegiatan keluarga selama Ramadhan
Para orang tua sebaiknya membimbing putra-putrinya untuk menyusun agenda pribadi mereka. dalam program pribadi ini tidak harus sama. karena masing-masing orang memiliki kepentingaan, kesempatan, serta kemampuan yang berbeda-beda. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan secara bersama seluruh anggota keluarga adalah: tadarus Al-qur'an, shalat tarawih, berbuka bersama, i'tikaf di masjid, membagi zakat, shalat Idul Fitri dan sebagainya.
4. Ciptakan hari-hari yang menyenangkan selama Ramadhan
Pada sebagian orang, berpuasa Ramadhan terrasa sebagai pekerjaan yang berat, terutama bagi anak-anak. Mereka dituntut menahan lapar dan dahaga di siang hari, memperbanyak ibadah, dan shalat malam. Belum lagi kewajiban membayar zakat dan bersedekah.
Untuk memberi dorongan serta motivasi bagi jiwa manusia agar melakukan kebajikan, Allah SWT seringkali memberikan gambaran tentang surga dengan segala kemikmatannya. Maka, untuk menciptakan rasa bahagia dengan kehadiran Ramadhan, para orang tua pun harus berupaya menciptakan suasana yang berbeda dengan hari-hari biasanya.
setiap kita tentu merasa senang dengan rumah yang bersih. hiasan dan pemandangan yang indah, taman dan udara yang segar, bau yang wangi, makanan yang lezat, dan sebagainya. Jadikanlah rumah kita bak syurga selama Ramadhan, maka keluarga kita akan merasa bahagia dan bergairah menyambut Ramadhan dengan segala perjuangannya.
5. Hidupkan sunnah-sunahnya
Tidak cukup hanya dengan melaksanakan amalan yang fardhu (wajib) saja, jika ingin memperoleh prestasi yang terbaik dalam Ramadhan. Untuk meraih kesempurnaan ibadah Ramadhan, penting bagi setiap keluarga Muslim untuk berusaha menghidupkan semua sunnah-sunnah Ramadhan, seperti memperbanyak membaca Al-Qur'an, zikrullah, beristighfar, shalat malam, bersedekah, dan sebagainya. Di sini perang orang tua sangat penting dalam membimbing dan memberi teladan bagi seluruh anggota keluarganya.
6. Tinggalkan pantangannya
Bulan Ramadhan merupakan momen yang sangat efektif bagi keluarga Muslim untuk meninggalkan ucapan dan perilaku yang kurang baik, dan mengantinya dengan kebiasaan ucapan seta tindakan yang dicintai Allah dan Rasul-Nya.
Dengan alasan puasa, orang tua dapat mencegah anak-anak untuk bertengkar, berkata kotor, berbohong, ghibah, berdusta, dan sebagainya. Dan, pada akhirnya diharapkan kebiasaan tersebut akan terus berlanjut setelah usai Ramadhan. Wallahu A'lam bish Shawab
Selengkapnya...

Mengenal Negeri Islam Comoro Setelah Lebih Seabad Terjajah


Comoro atau comoros, mungkin baru pertama kali kita mendengarnya. Ada yang mengira Maroko. Tapi ini benar namanya bukan Maroko tapi Comoro. Yang menjadikannya unik bukan karena namanya yang mirip maroko, tapi karena Comoro adalah negara terpencil yang merupakan salah satu negara Islam terpencil dan memang tak banyak orang tahu. Nama lengkapnya Republic Islam Comoro atau ada juga yang menyebutkan Union of Comoro. Dalam istilah lain, mengunakan bahasa Arab, negeri ini dikenal dengan nama Juzur Al Qamar. Terletak di sebalah utara terusan Mozambik, tak jauh dari kepulauan Madagaskar. Sebuah negara kepulauan yang terdiri dari tiga pulau utama. Nama Comoro konon berasal dari kata al-qamar yang bermakna bulan. Ibu kotanya ialah Moroni yang terletak di Grande Comoro. Dan dengan jumlah penduduk dianggarkan 798.000, itu adalah negara Afrika keenam terkecil yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi di Afrika.


Comoro terkenal dengan keindahan pantainya yang putih, jernih, dan bersih. Hijaunya pengunungan menambah indahnya kepulauan Comoro. Selain pantai, Comoro terkenal juga dengan dua periga perfume essence dunia, sehingga Comoro mendapat sebutan Perfume Islands. Berpenduduk hampir seratus porsen Muslim dan didominasi kebudayaan Arab.
SEJARAH COMORO
Persentuhan Comoro dengan Islam, terjadi melalui para pedagang Arab yang menyebarkan dakwah Islam ke berbagai pulau di sekitar Comoro. salah satu fakta sejarah yang bisa didapatkan saat ini adalah, sejumlah masjid yang dibangun oleh para pedagang Arab di berbagai tempat di Comorosebagai bagian dari asimilasi budaya Islam dan Afrika. Kepulauan Comoro, seperti daerah pesisir lain dikawasan itu, merupakan kawasan persinggahan penting di fase perdagangan awal Islam yang sering dikunjungin oleh pedagang-pedagang Persia dan Arab.
Pada abad kesembilan belas, pengaruh bahasa Arab Sunni mendominasi pulau-pulau. Comoro memalui perdagangan di sepanjang pantai Afrika Timur, dan Timur Tengah. Keberadaan para pedangan Arab, sebagaimana juga terjadi di Indonesia, ternyata bisa diterima oelh masyarakat dan menyebabkan pengaruh budaya Islam begitu meluas. Dan itu pula sebabnya, ketika semangat penjajahan Eropa mulai menunjukkan kecenderungan untuk menduduki Comoro, di tempat itu tradis Islam yang sudah dominan lalu menyebabkan banyak untuk mengingatkan masyarakat akan pengaruh penjajahan Eropa yang hendak menghilangkan akar sejarah Islam di kepulauan Comoro.
Tanggal 6 Juli 1975, Comoro, sebuah negara kepulauan yang terletak di lepas pantai Mozambik, Afrika Tenggara, memproklamasikan kemerdekaannya dari perancis. Comoro memiliki penduduk hampir 100% muslim dan karena itulah rakyat negara ini sepakat untuk mendirikan negara Islam atau Federal Islamic Republic of Comoro. Kepulauan Comoro awalnya dikuasai oleh bangsa Arab sehingga agama Islam menyebar di sana. Setelah itu, Comoro sempat dijajah oleh portugis sebelum akhirnya dikuasai oleh Perancis sejak tahun 1832. Sekitar satu setengah abad kemudian, atau tepatnya 130 tahun, barulah perjuangan kemerdekaan rakyat Comoro mencapai hasilnya.
Dan yang hebat, meski belum lama bergabung dalam Liga Arab, kiprah Comoro sudah muncul dan terlibat aktif dalam turut memecahkan peristiwa internasional. Salah satunya, maslah Palestina, lebih khususnya Gaza. Saat Israel melakukan serangan brutal atas Gaza, Comoro adalah satu dari sekian negara yang hadir dalam konferensi di Doha, dan menyatakan protes keras atas Israel. Sejumlah 14 negara Arab, yakni Suriah, Qatar, Lebanon, Palestina, Libya, Sudan, Aljazair, Yaman, Jeputy, Djibouti, Comoro, Somlia, Oman, Mauritania, dan Maroko sepakat berpatisipasi pada pertemuan itu.
Orang-orang Comoro dikenal ramah, suka menerima tamu dan memilki bakat seni. Kaum perempuan banyak yang berprofesi menjahit, sementara kaum laki-laki menekuni ukiran kayu. Mereka juga bangga dengan warisan Islam yang mereka miliki.Bayangkan saja hanya dengan luas 1800an km2 yang 720an km2 adalah bebatuan, terdapat sekitar 1400 masjid di seluruh pulau-pulau comoro.
MASIH TERMASUK NEGARA MISKIN
Sayangnya, hampir sama dengan sejumlah negara Afrika pada umumnya, Comoro termasuk dalam rate negara berkependudukan miskin. "Kurangnya pengetahuan adalah salah satu alasan yang paling penting bagi gizi buruk di Comoro," kata Direktur pusat terapi Domoni gizi, Maissa Chaharmane. Menurut sebuah studi yang dilakukan pemerintah empat tahun lalu, lebih dari 42% anak-anak di Comoro di atas dan di bawah usia lima tahun menderita kekurangan gizi kronis, dan lebih dari satu dari lima

anak-anak menderita kekurangan gizi. "Hampir setiap hari, ibu-ibu datang ke saya, memiliki anak-anak Anda lemah dengan mereka, menanyakan kapan kami membuka pintu," kata Marouvua, perawat lokal. "Sayangnya, kematian dari kekurangan gizi adalah kejadian biasa. "Hanya sebagian kecil ibu-ibu yang tinggal di pulau-pulau menyusui bayi remeka. "kadang-kadang orang tua memberi makan anak-anaknya yang belum enam bulan usianya dengan ubi kayu dan pisang raja matang, dan tidak tahu putra atau putri mereka masih terlalu muda untuk mencerna makanan ini," kata Ms Chaha.
Beragam masalah pendidikan dan ekonomi, selain politik, yang terus mendera umat Muslim Comoro. Meski untuk ukuran Kerjasama regional Afrika, para pemuda Comoro sudah banyak yang mengecap pendidikan di luar Comoro, di sesama negara Afrika, semisal di Sudan. Tapi tetap saja, keterpencilan dan situasi keamanan politik yang belum terlalu stabil, selain usianya yang masih baru, juga menyebabkan permasalahan kemiskinan belum bisa teratasi.
Mengenal sebuah negara Muslim, meski kecil, memang memiliki arti tersendiri. Setidaknya, kita bisa lebih membuka mata, akan luasnya aset SDM dan bumi Islam kita. Sekaligus, menyadari problemantika mereka yang tentu harus mendapat perhatian yang layak atas nama sesama saudara Muslim. (Tarbawi)
Selengkapnya...

Sabtu, 12 Juni 2010

SIMBOL SUKSES


"Sesungguhnya orang-orang beriman dan mengerjakan amal saleh mereka itu adalah sebaik-baik makhluk" (Q.S. Al-Bayyinah,98:7)
MUHAMMAD ALI
Namannya adalah sebuah legenda dalam dunia adu jotos. Ia tak sekedar petinju yang baik, tapi juga seorang entertainmen, penghibur sejati. Setiap kali ia manggung dalam pertarungannya, stadion petunjukan tak meninggalkan kursi sisa. Berjuta-juta pasang mata menatap aksinya tak mengedipkan kelopak matanya. Tak lain dan tak bukan petinju itu , bernama Muhammad Ali

Lahir dengan nama Cassius Marcellus Clay di Louisville, Kentucky pada tanggal 17 Januari 1942. Sejak kecil, Clay memang dikenal sebagai anak yang badung. Sering kali ibunya, Odessa, terpaksa memisahkan Clay yang sedang adu jotos dengan adiknya, Rudolph. Kalau sudah begitu, mereka berdua akan menerima hukuman dari Mr. Cassius, Ayah mereka. Tapi meskii mereka berdua adalah dua bersaudara yang badungnya nggak ketulungan, keduanya adalah anak-anak yang baik. Clay dan adiknya tidak pernah benar-benar bermusuhan. Sebaliknya mereka sangat kompak. Dari hobinya yang suka berantem inilah karir tinjunya berawal. Gara-garanya sederhana. Saat usia dua belas tahun, Clay kecil sudah punya sebuah sepeda baru. Tapi sayang sepeda itu hilang dalam sebuah pasar malam. Merasa kehilangan, ia melapor pada seorang polisi saat itu.
Di luar dugaan, bukan pencuri sepeda atau sepedanya yang ia dapatkan, tapi sebuah nasehat. Pak polisi yang menerima laporan itu malah menganjurkan Clay untuk ikut belajar tinju. Enam minggu kemudian, Clay sudah bisa memenangkan sebuah pertandingan hanya dalam tiga menit saja. Tiga menit saja.
Setela itu, ia benar-benar menjadi petinju, meski masih di kelas amatir. Sejak saat itu, ia benar-benar membaktikan dirinya untuk tinju. Di kelas amatir, tak kurang dari 108 pertandingan ia ikuti, dan sebagian besar ia menangkan. Enam kali memenangkan piala kota asalnya di Kentucky, dua kali gelar Nasional Golden Gloves diraihnya dan dua gelar juara National AAU disabetnya. Pendeknya ia adalah petinju muda dengan karir gemilang.
Setelah memenangkan mendali emas pada olimpiade di Roma pada tahun 1960, saat genap berusia delapan belas tahun babak baru akan dimasukinya. Ia menerjukan diri di kelas yang lebih tinggi lagi. Kelas profesional.
Meski sudah beralih apada kelas yang lebih tinggi, ia tak pernah sombong atau lupa diri. Ia tak seperti pepatah, kacang lupa kulitnya. Di kelas pro pun ia masih memakai pelatihnya yang dulu, Fred Stoner. Setelah itu kemenangan demi kemenangan diraihnya. Sampai pada suatu ketika, hidayah Allah datang nenyapanya.
Pada saat karirnya berada di puncak ketenaran, ia sadar bahwa hidup ini tidak hanya untuk mengejar kemenangan . Apabila setelah iabersentuhan dengan Nation of Islam. Kesadaran demi kesadaran bari ai temukan. Kemudian, ia mengumumkan diri bahwa ia salah satu anggota Nation of Islam dan mengganti namanya menjadi Muhammad Ali.
Pilihan dan keputusan yang luar biasa. National of Islam, kala iyu adalah sebuah organisasi pergerakan Islam, yang banyak disoroti oleh pemerintah negeri Uncle Sam itu.
Setelah itu, ia tak menjadikan ajang tinju hanya menjadi arena adu jotos saja. Bagi Ali, ajang tinju bisa ia sulap menjadi arena dakwah baru. Kemana-mana ia seruhkan suara keadilan, yang menjadi ajang utama dalam islam. Ia tak hanya menjadi olah rragawan yang sukses, tapi juga seorang pejuang hak asasi manusia yang lantang.
Dakwah yang ia seruhkan, bisa dibuktikan keberhasilannya. Adiknya, yang kala kecil suka diajak menjadi sparing partner berantem, akhirnya masuk Islam juga. Rudolph pun akhirnya berganti nama menjadi Rahman Muhammad. Kelak iaa menjadi salah seorang kepercayaan dan tangan kanan pejuang Islam kulit hitam Malcolm X.
kelak dikemudian hari, Presiden Amerika Bill Clinton, mengungkapkan bahwa Ali adalah salah satu kebanggaan Amerika. "Ali telah memberikan bukti pada kami, apapun agamamu, kau tetap bisa berbangga pada dirimu", kata Clinton.
Muhammad Ali benar-benar legenda. seorang bintang sejarah yang belum tentu sekali seratus tahun dilahirkan oleh dunia.Tak kurang bukti bahwa Ali memang benar-benar sebuah legenda. Salah satunya adalah harga jubah yang ia pakai saat melawan Geoge Foreman yang berhasil dilelang mencapai harga 156.500 dolar Amerika. Pelelangan jubah saja. tak kurang dari 3000 jenis barang Ali di lelang di sana.
"Saya tak hanya mengagumi Ali sebagai petinju, saya mengagumi juga keberanian dan keteguhannya", kata salah seorang pembeli." Ali telah memberi saya inspiraasi dan menyentuh kehidupan segala lapisan masyarakat, ras dan agama, saya pengagum berat Ali", lanjutnya dengan semangat.
Ternyata dari sekain banyak barangnya Ali yang dijual, tak sepersen Ali mengeruk keuntungan dari pelelangan
APAKAH SIMBOL SUKSES ITU?
Simbol berarti abstraksi atau representasi dari suatu hal yang konkrit. Sebuah ssimbol baru berlaku jika sudah ada kesepakatan tentang simbol tersebut. Simbol "$" belum dapat dikatakan mata uang Dollar sebelum seluruh dunia menyepakatinya.
Sukses berarti berhasil, atau dapat dikatakan tercapainya sesuatu yang dikehendaki atau diinginkan. Sukses bersifat relatif tergantung dari pengetahuan seseorang tentang hakekat sukses yang sebenarnya. Dengan definisi ini hanya orang yang bersangkutan saja yang dapat menilai apakah ia telah sukses. Orang lain dapat saja menilai bahwa orang kaya itu telah sukses, padahal bukan pada kekayaan yang diinginkannya, tetapi ketenangan jiwa, maka ia belum merasakan dirinya sukse dalam hidup.
"LANGKAH HIDUP"
Langkah-langkah untuk mencapai sukse dalam kehidupan disebut langkah hidup.
1. Pikiran adalaha langkah hidup
Pikiran manusia bukan saja sebagai tool (alat), tetapi merupakan suatu control (kendali). Karena pikiran kita juga merupakan suatu control berarti dia ikut menentukan apa-apa yang akan kita lakukan. Itulah sebabnya kita harus berhati-hati dalam memberikan input (masukan) ke dalam pikiran kita. Kita harus selalu memeriksa isi pikiran kita dan mengisinya dengan pikiran yang bersih.
2. Ucapan adalah langkah hidup
Ungkapan "Bicara adalah perak, dia adalah emas" tidaklah seluruhnya benar. Yang membedaka ucapan adalah niali dan isi yang terkandung di dalamnya. Ucapa yang mempunyai nialai dan isi yang baiklah yang akan mentelamatkan kita. Dan yang sebaliknay akan "membinasakan" kita. "Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, berkatalah yang baik atau diam." (H.R.Bukhari dan Muslim).
3. Tindakan adalah langkah hidup.
Seorang membutuhkan tindakan untuk mencapai sukses. Jika tindakan (amal)yang dilakukan itu kebajikan, maka berlakulah 'barang siapa menanam, dia akan memetik hasilnya'. Sebaliknya, jika tindakan berupa kemaksiatan, maka berlakulah 'barang siapa menggali lubang, maka ia akan terperosok ke dalamnya'. Kedua prinsip tersebut berlaku di dunia dan di akhirat, atau kedua-keduanya. bukankah manusia hanya berusaha sedangkan Allahlah yang menentukan? (Q.S.13:11).
SIMBOL SUKSES DAN SIMBOL GAGAL
Pikiran, ucapan, dan tindakan adalah faktor internal manusia. Ketiganya merupakan langkah hidup. Setiap langkah hidup yang semakinmendekatkan seseorang ke tujuan yang dikehendaki disebut sebagai simbol sukses. Sedangkan, sebaliknya adalah simbol gagal.
Faktor eksternal yang juga ikut menetukan langkah hidup di antaranya adalah lingkungan. "Sesungguhnya per-umpamaan bergaul denga teman yang baik dan yang jahat adalah seperti bergaul dengan penjual minyak wangi dan pandai besi. Teman penjual minyak wangi itu boleh jadi akan memberi minyak wangi kepadamu atau kamu dapat membelinya atau paling tidak kamu akan mendapatkan bau harum daripadanya. Sedangkan teman pandai besi boleh jadi akan membuat pakaiamu berlubang (terbakar) atau paling tidak kamu ikut hangus dengannya." (H.R. Bukhari-Muslim) semata-mata karena mengharapkan ridho-Nya. Bukan karena mengharapkan ridho manusia. Sukses di atas sukses. (Q.S.3:185; 98:8).
TIPE-TIPE MANUSIA
1. Tipe manusia yang memiliki simbol gaga. Gagal di dunia dan di akhirat.
2. Tipe manusia yang memiliki simbol sukses, tetapi tidak memiliki niat ikhlas. Sukses di dunia , tetapi gagal di akhirat.
3. Tipe manusia yang memiliki simbol sukses dan didasari oleh niat yang ikhlas. Sukses di dunia dan di akhirat.
Selengkapnya...

MENCARI KEBAHAGIAAN

"Hewan-hewan yang ada di sekitar kita lebih berbahagia daripada kita, manusia. Padahal seharusnya kebahagiaan itu juga dapat dinikmati oleh manusia. Tetapi kenyataan-kenyataannya, di alam modern ini manusia tidak dapat menikmatin hidup dan kini semakin tampak,..." (Bertrand Russel).
Cerita di bawa ini, memcerita tentang orang-orang yang mencari kebahagiaan, walaupun hidupnya berlimpah harta benda, tetapi dia tidak bisa mendapatkan kebahagiaan. Di manakah letak kebahagiaan? yang jelas kehagiaan itu, letaknya ada di dalam hati kita melalui agama tauhid (AL-Islam),dan selalu menerima segala ketentuan maupun ketetapan yang di berikan Allah SWT kepada kita, dalam bentuk BERTAWAZUN.


WANITA TERKAYA DI DUNIA

Christina Onasis adalah seorang wanita berkengsaan Yunani Yunani, puteri milyuner terkenal Onasis. Onasis adalah seorang milyader besar yang terkenal memiliki pulau-pulau dan armada-armada.
Singkat cerita, Christina Onasis telah menikah dengan seorang laki-laki Bangsa Amerika ketika ayahnya masih hidup. Mereka hidup sebagai suami-istri selama beberapa bulan, tetapi kemudaia mereka bercerai.
Suatu ketika ayah Christina, Onasis, meninggal dunia. Ini terjadi setelah kepergian ibu dan saudara laki-laki Christina ke alam baka. Jadilah Christina sebagai pewaris tunggal harta kekayaan mendiang ayahnya.
Christina memperoleh warisan dari ayahnya senilai lebih dari lima ribu juta real (mata uang Saudi Arabia) di samping sejumlah armada laut, pulau-pulau dan perusahaan-perusahaan penerbangan.
Tak lama kemudia, Christina menikah lagi dengan seorang laki-lakiberkebangsaan Yunani. ia Ia berumah tangga dengan suami yang kedua ini selama beberapa bulan, setelah itu mereka bercerai.
Setelah bercerai dengan suaminya yang kedua, Christina lama tidak bersuami. Kemudian, unruk ketiga kalinya ia menikah lagi dengan seorang laki-laki Komunis berkebangsaan Rusia. Sungguh aneh tapi nyata! Tokoh Kapitalis bertemu dengan tokoh Komunis! ketika orang banyak dan para wartawan - dengan nada yang khas - melontarkan pertanyaan kepadanya, "Sebagai wanita yang banyak memainkan perana ideologi Kapitalis, mengapa anda mau menikah dengan laki-laki yang menganut ideologi Komunis?" Maka dengan lugas Christina menjawab, "Karena aku ingin mencari kebahagiaan."
Selang beberapa lama setelah akad nikah, Christina diboyong ke Rusia oleh suaminya. Undang-undang yang berlaku di Rusia tidak membolehkan seseorang mempunyai rumah yang kamarnya lebih dari dua. Maka, di sana jadilah Christina jadi pembantu di rumahnya sendiri yang hanya terdiri dari dua kamar itu. Pada suatu kesempatan, Christina di datangi oleh para wartawan yang sejak lama mengintai dirinyadi setiap tempat. Dengan nada heran, para wartawan itu mengajukkan pertanyaan kepada Christina, "Bagaimana semua ini bisa terjadi?" Maka jawab Christina, "Aku ingin mencari kebahagiaan kebahagiaan." Christina ternyata dapat bertahan hidup berumah tangga dengan suaminya yang ketiga ini selama satu tahun. Dan setelah itu mereka bercerai.
Selang beberapa lama setelah kejadian itu, Christina didapati menghadiri suatu pesta yang diselenggarakan di Perancis. Pada kesempatan itu, para wartawan mengajukan pertanyaan kepada Christina, "Bukankah Nyonya ini wanita terkaya di dunia?" Christina menjawab."Ya, aku adalah wanita terkaya di dunia, tetapi aku juga adalah wanita yang paling sengsara di dunia."

MEMBELI KEBAHAGIAAN

Laila Murad, seorang pemain drama Bangsa Yuhudi, ketika diwawancarai oleh wartawan, bercerita tentang suaminya, Anwar Wajd, "Suamiku adalah seorang dramawan yang lugu. Suatu ketika, ia mengutarakan isi hatinya kepadaku bahwa ia bercita-cita ingin memiliki uang sebanyak sejuta paundsterling (mata uang Inggris)meskipuun ia harus menderita suatu penyakit?" Suamiku menjawab, sebagian uang itu akan aku gunakan untuk berobat, sedang sisanyaakan aku gunaakan untuk membeeli kebahagiaan. Tidak beberapa lama kemudian, cita-cita suamiku menjadi kenyataan. Ia memperoleh uang lebih dari sejuta pound sterling. Tetapi kemudian mendadak ia diserang penyakit kanker hati. Maka uang yang ia miliki habis untuk berobat, tetapi penyakit yang ia derita tak kunjung sembuh. Ia tak bisa makan banyak. Akhirnya, ia meninggal dengan membawa penyesalan yang amat dalam."
Dari dua cerita di atas, kuncinya adalah tawazun. Tawazun berarti seimbang atau memberikan sesuatu akan haknya. Tanpa ada penambahan dan pengurangan. Allah telah menjadikan alam beserta isinya berada dalam sebuah keseimbangan. Dengan keseimbangan, manusia dapat meraih kebahagiaan hakiki yang merupakan nikmat Allah, karena pelaksanaan syariah sesuai dengan fitrahnya. Untuk skala ke-tawazunan akan menempatkan umat islam menjadi umat pertengahan, atau ummatan wasathon (Q.S.2:143), yaitu umat yang seimbang.
Kebahagiaan pada diri manusia itu dapat berupa: 1, Kebahagiaan batin, dalam bentuk ketenangan jiwa (Q.S.13:28). 2, Kebahagiaan zhahir attau gerak, dalam bentuk kestabilan, ketenangan ibadah, bekerja dan aktivitas lainnya.
Dengan menyeimbangkan dirinya, maka manusia tersebut tergolong sebagai hamba yang pandai mensyukuri nikmat Allah. Hamba Allah seperti seperti inilah yang disebut manusia seutuhnya. Hiduplah seimbang, maka hidup Anda tidak akan berantakan.
Selengkapnya...

Afifatul Qona'ah

Afifatul Qona'ah

Mesin Penghasil Uang